Hati-hati! Pria Ini Lumpuh Usai BAB Sambil Main HP

Pria muda asal China mengalami kelumpuhan mendadak setelah bab sambil main hp. Simak selengkapnya!

Hati-hati! Pria Ini Lumpuh Usai BAB Sambil Main HP
Hati-hati! Pria Ini Lumpuh Usai BAB Sambil Main HP. Gambar : Ilustrasi Kreator Bapera News Via Canva

BaperaNews - Pria berumur 24 tahun asal Chongqing, China mendadak lumpuh setelah bab sambil bermain ponsel selama 30 menit. Ia tidak bisa berdiri dan tubuhnya lemas kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Upaya keluarga tidak membuahkan hasil, pria tersebut dinyatakan lumpuh.

Pria tiba-tiba lumpuh usai bab sambil main hp sebelumnya tidak memiliki penyakit atau kondisi medis serius. Ia sengaja membawa ponsel ke kamar mandi untuk mengisi waktu namun ia tak kunjung keluar setelah lebih dari 30 menit di dalam kamar mandi.

Salah satu anggota keluarga pun datang untuk memastikan pria itu baik-baik saja. Keluarga panik karena saudaranya dalam kondisi terbaring dan tidak sadarkan diri di lantai. Keluarga segera membawanya ke rumah sakit namun tetap tak bisa diselamatkan dari kelumpuhan.

Dilansir dari World of Buzz, bahaya bab sambil main hp salah satunya membuat seseorang duduk atau jongkok di toilet lebih lama dari biasanya, merasa lebih santai dan menunda meski mungkin urusan babnya sudah selesai.

Hal ini membuat sirkulasi udara terhambat ditambah kondisi ruangan toilet yang umumnya tertutup atau pengap membuat kekurangan oksigen. Bab sambil main hp juga bahaya, membuat yang bersangkutan tidak fokus dan rektum harus bekerja lebih keras.

Baca Juga : Viral! Kamar Kos Penuh Sampah Hingga Banjr, Penghuni Disebut Idap Hoarding Disorder

Rektum ialah bagian akhir dari usus besar yang berfungsi menampung feces sebelum dikeluarkan dari tubuh. Maka aktivitas bermain ponsel sembari bab seperti yang dilakukan pria itu seharusnya tidak dilakukan. Beresiko wasir, pembuluh darah membengkak, hingga bab terasa sakit atau berdarah. 

Aktivitas lain seperti membaca buku juga beresiko sama, membuat orang keluar dari keinginan bab. Maka disarankan ketika bab cukup berada di toilet 5-15 menit saja tidak perlu membawa ponsel ataupun buku dan benda lainnya. Juga imbangi dengan makan tinggi serat agar tidak susah bab.

“Usus besar mengekstrak sebagian cairan dari tinja yang bisa menyebabkan sembelit. Semakin besar dan keras tinja Anda maka makin susah dikeluarkan” terang dokter yang menangani pasien.

Jadi ketika bab tak perlu membawa ponsel, buku, atau apapun untuk mengisi waktu. Lekas selesaikan saja agar bisa berlanjut ke aktifitas harian lainnya.

Baca Juga : Merinding! 95 Siswa di Kenya Mendadak Lumpuh Karena Penyakit Ini