Ganjar Pranowo Bakal Jadi Capres PDIP dan PPP di Pemilu 2024

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan menjadi calon presiden PDIP dan PPP pada Pemilu 2024.

Ganjar Pranowo Bakal Jadi Capres PDIP dan PPP di Pemilu 2024
Ganjar Pranowo Jadi Capres PDIP dan PPP di Pemilu 2024. Gambar : Dok. Pemprov Jateng

BaperaNews - DPP PPP mengumumkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai Capres untuk Pilpres 2024. “Partai Persatuan Pembangunan mengumumkan Bapak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI untuk Pemilu 2024 mendatang” kata Plt Ketum PPP Mardiono pada Rabu (26/4) di Sleman, Yogyakarta.

Sebelum mengumumkan capres 2024 yang diusung, DPP PPP telah menggelar rapat selama dua hari dan mengadakan Rapimnas untuk membahas persiapan Pileg dan Pilpres 2024. Namun Ganjar tidak terlihat di lokasi acara.

Mardiono menyebut pihaknya telah mengadakan rapat majelis dan mahkamah untuk membahas rencana Pemilu 2024 termasuk tentang kesiapan calon legislatif dan capres cawapres, ia menekankan tetap penting untuk berkomunikasi dengan parpol lain dan sosok-sosok yang dicalonkan.

Mardiono juga menyebut calon presiden yang diusung PPP ini sama dengan yang diusung oleh Partai PAN dan Golkar. Di luar itu, PPP juga disebut akan ikut berpartisipasi dalam peleburan KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) bersama Partai Gerindra.

Baca Juga : Jadi Capres, Intip Perjalanan Karir Ganjar Pranowo, Pernah Jadi HRD!

PPP dan PDIP Akan Bertemu

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menindaklanjuti pernyataan PPP yang mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. “Atas keputusan dari PPP ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan kedua partai dalam waktu dekat untuk menguatkan kerjasama partai politik” kata Hasto.

Menurut Hasto, PPP mendukung Ganjar karena Ganjar selama ini menerapkan sistem politik amar ma'ruf nahi munkar di pemerintahan yakni untuk bersikap baik dan bijaksana. Hasto juga menyebut PDIP dan PPP punya sejarah yang sama di masa orde baru.

PPP menjadi partai pertama yang menyatakan dukungannya kepada Ganjar setelah sebelumnya Ganjar diusung oleh PDIP pada Jumat 21/4.

PPP Minta Jatah Cawapres

Di akhir pernyataannya, Mardiono mengungkap partainya meminta jatah untuk cawapres yang mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang.

“DPP PPP akan berusaha melakukan komunikasi dan langkah politik maksimal untuk mendorong kader PPP akan bisa dipasangkan dengan Ganjar sebagai cawapres. Ini saya tekankan karena jadi amanat di hasil rapat PPP” pungkas Mardiono.

Kerjasama ini sebenarnya bukan hal baru, sebelumnya kader PPP Doktor Hj Hamzah juga pernah menjadi wakil Presiden mendampingi Megawati Soekarnoputri. Maka PPP berharap di Pemilu 2024 nanti bisa mencalonkan cawapres dari kadernya.

Baca Juga : Perjalanan Karir dan Profil Anies Baswedan, Calon Presiden 2024