Jadi Capres, Intip Perjalanan Karir Ganjar Pranowo, Pernah Jadi HRD!

Makin hari makin dekat dengan Pemilu 2024, hari dimana dilaksanakan pesta demokrasi rakyat untuk memilih pemimpin terbaik tanah air. Yuk intip perjalanan karir Ganjar Pranowo!

Jadi Capres, Intip Perjalanan Karir Ganjar Pranowo, Pernah Jadi HRD!
Jadi Capres, Intip Perjalanan Karir Ganjar Pranowo, Pernah Jadi HRD. Gambar : Tempo/M Taufan Rengganis

BaperaNews - Makin hari makin dekat dengan Pemilu 2024, hari dimana dilaksanakan pesta demokrasi rakyat untuk memilih pemimpin terbaik tanah air.

Perbincangan tentang calon-calon presiden pun makin sering terdengar, diantaranya yang diunggulkan ialah capres Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Capres Ganjar Pranowo berasal dari Partai PDIP-P. Meski belum jelas pencalonan Ganjar sebagai capres, namun Ganjar selama ini punya image cukup baik di mata masyarakat, dikenal sebagai sosok pemimpin yang mau merakyat selama dua kali masa jabatannya sebagai Gubernur Jateng.

Capres Ganjar Pranowo sering terjun langsung di lapangan untuk melihat langsung suatu kejadian. Sejumlah gebrakan juga ia lakukan selama menjabat, diantaranya membuat Bus Trans Jateng, perluasan kawasan industri Kendal, Cilacap, Batang, dan lima proyek lainnya, juga tentang responnya yang cepat pada keluhan yang disampaikan rakyat.

Meski baru-baru ini Ganjar sempat mendapat kritik karena penolakannya terhadap kedatangan Timnas Israel U-29 di Indonesia, namun Ganjar tetap salah satu nama capres yang populer dan banyak yang penasaran dengan perjalanan karir dan prestasinya. Berikut informasi tentang pendidikan hingga perjalanan karir Ganjar Pranowo

Baca Juga : Jokowi Perkenalkan Prabowo dan Erick Thohir Sebagai Capres 2024 di Acara Hipmi

Pendidikan

Ganjar ialah anak kelima dari enam bersaudara. Lahir pada 28 Oktober 2968. Ia besar di Karanganyar, Jawa Tengah. Ganjar semasa SD sering pindah sekolah karena ikut lokasi dinas kerja ayahnya yakni di SDN 2 Tawangmangu dan SDN 1 Kutoarjo.

Ganjar melanjutkan pendidikan ke SMPN 1 Kutoarjo dan SMA 1 BOPKRII Yogyakarta. Sampai akhirnya Ganjar masuk di Universitas Gajah Mada sebagai mahasiswa Hukum. Sejak SMA, Ganjar aktif berorganisasi, ia banyak bergabung dengan organisasi kampus. Usai lulus S1, Ganjar lanjut S1 Jurusan Ilmu Politik di Universitas Indonesia.

Keluarga dan Karir

Ganjar menikah pada tahun 1999 dengan istrinya Sitti Atikoh. Ganjar telah memiliki satu orang putra bernama Muhammad Zinedine Alam. Sementara perjalanan karir Ganjar dimulai ketika ia menjadi pekerja HRD di sebuah perusahaan, inilah ringkasan perjalanan karir Ganjar Pranowo.

  • 1995 - 1999 : HRD PT Prakarsa, gabung dengan PDI-P
  • 2004 - 2009 : Anggota Komisi IV DPR RI
  • 2019 - 2013 : Wakil Ketua Komisi II DPR RI
  • 2009 : Panitia Khusus Angket Bank Century DPR RI
  • 2010 - 2013 : Tim Pengawasan Bank Century
  • 2007 - 2009 : Ketua Pansus RUU Parpol
  • 2004 - 2010 : Anggota Badan Legislasi DPR RI, Sekretaris Fraksi MPR DPR RI
  • 2010 - 2013 : Wakil Sekretaris F-PDIP
  • 2013 - 2018 - 2014 :  Gubernur Jawa Tengah hingga 2024

Prestasi dan Penghargaan

  • 2013 : Anugrah Pataka Paramadhana Utama Nugraha Koperasi
  • 2014 : Kepala Daerah Inovatif Kategori Pelayanan Publik
  • 2014 : Mengatasi Bencana Alam Jawa Tengah
  • 2015 : Anugrah Tokoh Media Radio Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia
  • 2017 : Pemda dengan Tingkat Kepatuhan LHKPN Terbaik oleh Kpk

Baca Juga : Kandidat Capres Di 2024 Tak Boleh Punya Riwayat Mabuk, Judi Dan Zina