Fitur Baru Whatsapp, Bisa Edit Chat Setelah Dikirim

WhatsApp kini meluncurkan fitur baru yakni "fitur edit pesan". Fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa mengedit pesan yang telah dikirim, maksimal 15 menit setelah dikirim.

Fitur Baru Whatsapp, Bisa Edit Chat Setelah Dikirim
WhatsApp luncurkan fitur baru yang dimana pengguna bisa edit pesan. Gambar : Unsplash.com/Dok. Dimitri Karastelev

BaperaNews - Kirim pesan dengan WhatsApp di kala tidak fokus atau ketika sangat sibuk seringkali muncul kesalahan, misalnya typo atau dikirim ke kontak yang salah. Saat ini WhatsApp punya fitur hapus pesan, bisa dipakai untuk pengguna yang salah kirim pesan atau salah kirim ke kontak lain yang bukan tujuannya.

Aplikasi pesan instan WhatsApp kini membuat fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa mengedit pesan yang telah dikirim, maksimal 15 menit usai dikirim. Uji coba fitur edit pesan ini telah dilaksanakan. Bocoran fitur edit pesan tersebut dilaporkan oleh wabetainfo pada Juli 2022. Fitur ini lebih disukai dibandingkan dengan menghapus pesan.

Dengan fitur edit pesan ini, kesalahan dalam kirim pesan seperti adanya typo atau salah ketik maupun pesan yang dikirim ke kontak yang salah bisa bisa diedit dengan cepat. Meski fitur masih uji coba, ada sejumlah informasi yang disampaikan menjelang dirilisnya fitur tersebut untuk semua pengguna WhatsApp.

Yakni tentang caranya, dengan tap dan tahan pesan yang ingin diedit, pilih ikon tiga titik di sudut kanan atas kemudian pilih Edit. Fitur edit pesan ini baru bisa ditemukan di WhatsApp versi beta untuk Android 2.22.22.14.

Baca Juga : Rilis Minggu Ini, Fitur Baru WhatsApp Bisa Video Call Sampai 32 Orang

Dari tangkapan layar yang dibagikan, terlihat ada simbol edited untuk pesan yang telah diedit. Namun, pengguna hanya bisa mengubah chat yang telah dikirimnya maksimal 15 menit setelah pesan terkirim, ini lebih singkat dibanding dengan fitur yang ada di Telegram yang bisa mengedit pesan terkirim hingga 48 jam usai dikirim.

Fitur juga hanya bisa digunakan jika pengirim dan penerima pesan sama-sama telah mengupdate wanya ke versi terbaru, ada potensi fitur tidak bisa digunakan jika salah satunya memakai versi aplikasi lama.

Pengguna masih harus menunggu untuk bisa merasakan fiturnya, sebab pihak pegembang baru melakukan uji coba versi beta, dan belum diketahui kapan akan diterapkan untuk pengguna Android atau ios.

Fitur lain yang sedang dikembangan WhatsApp ialah mempercepat pesan suara, pemutaran bisa dipercepat temponya hingga 1,5 kali. Untuk mengecek sudah aktif atau belum fitur ini cara terbaiknya ialah dengan menyetel voice notes.

Jika terdapat pilihan indikator pemutaran kecepatan, artinya fitur sudah bisa digunakan, jika tidak, sebaiknya lakukan pembaruan ke WhatsApp versi terbaru 2.2241.0.0.

Baca Juga : Begini Cara Intip Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Diketahui!