DPR Sudah Setuju, Anggaran IKN Bakal Naik Rp 15 Triliun

Badan Anggaran (Banggar) DPR RI telah menyetujui keputusan tentang kenaikan anggaran IKN Nusantara sebesar Rp 15 triliun.

DPR Sudah Setuju, Anggaran IKN Bakal Naik Rp 15 Triliun
DPR Setuju Anggaran IKN Naik Rp 15 Triliun. Gambar : Instagram.com/@nyoman_nuarta

BaperaNews - Badan Anggaran (Banggar) DPR RI setuju menambah anggaran IKN naik untuk pembangunan IKN Nusantara sebanyak Rp 15 Triliun di tahun 2023 ini.

Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah menyebut dengan anggaran IKN naik tersebut, maka total dana yang akan dipakai untuk membangun IKN di RAPBN 2023 ialah Rp 37 Triliun, jumlah anggaran IKN Nusantara sebelumnya Rp 22 Triliun.

“IKN Nusantara di tahun ini sebelumnya kami anggarkan Rp 22 Triliun dan pemerintah akselerat menambah Rp 15 Triliun jadi totalnya Rp 37 Triliun telah disetujui” tutur Said pada Jumat (9/6).

Dengan anggaran IKN naik yang cukup besar ini, Said berharap pembangunan IKN bisa berjalan dengan lancar dan baik terutama untuk pusat pemerintahan dan infrastrukturnya sehingga target untuk pelaksanaan Upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024 nanti bisa terwujud.

“Sehingga nanti 17 Agustus 2024 bisa ditempati Presiden Jokowi” imbuhnya.

Sebelum DPR setujui kenaikan anggaran IKN, memang terdapat banyak pertimbangan terlebih dahulu. Namun pada akhirnya DPR setujui kenaikan anggaran IKN tersebut karena untuk kebaikan bangsa Indonesia

Menko Marves Luhut Binsar dalam kesempatan yang sama juga menjelaskan pembangunan IKN Nusantara saat ini terus dilakukan dan pihaknya gencar untuk mencari investor.

Baca Juga : Jokowi Rayu WN Singapura Pindah Ke IKN

Sebagai Ketua Percepatan Pembangunan IKN Nusantara, Luhut selalu mempromosikan proyek IKN Nusantara ini pada investor, ia terakhir promosi di Singapura dan investor disana menurutnya sangat antusias.

Pemerintah bahkan telah siapkan sejumlah insentif anggaran IKN Nusantara untuk investor dengan terus menjelaskan model bisnis dan pengembangan kawasan. Sebab harga tanah dan status tanah di IKN Nusantara ini perlu untuk diketahui agar investor tertarik investasi kesana.

“Semua kuncinya itu di tanah dan harga tanah. Ada valuasi untuk menghitung, tiap 6 bulan harga tanah akan bertambah dan berubah karena infrastruktur makin berkembang dan harus selesai dengan itu” pungkas Luhut.

IKN Nusantara ialah kota baru yang akan jadi pengganti ibu kota Indonesia mulai tahun 2024 mendatang. IKN Nusantara menjadi kota maju dan modern yang berasaskan lingkungan. Memiliki infrastruktur, sistem transportasi, dan fasilitas modern kelas dunia namun dengan pemandangan alam yang hijau dan indah.

IKN Nusantara juga akan dibatasi penduduknya, tidak akan menjadi kota padat penduduk seperti Jakarta. IKN Nusantara ditargetkan jadi kota terbaik di Indonesia yang diharapkan bisa jadi contoh untuk kota-kota lain di Indonesia untuk menerapkan teknologi terbaik namun berasaskan keramahan dan kelestarian lingkungan.

Melihat target IKN yang begitu besar, tidak heran jika anggaran IKN Nusantara cukup besar untuk bisa menyelesaikan sesuai dengan arahan dan mimpi Presiden Jokowi.

Baca Juga : Investor IKN Sepi, Apa Penyebabnya?