Disebut Akan Jadi Capres 2024, Simak Profil Prabowo Subianto

Simak profil lengkap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang disebut akan menjadi Calon Presiden 2024.

Disebut Akan Jadi Capres 2024, Simak Profil Prabowo Subianto
Profil Prabowo Subianto. Gambar : Instagram.com/@prabowo

BaperaNews - Pada kabinet Indonesia Maju, Prabowo Subianto mendapat kepercayaan dari Presiden Jokowi untuk mengemban tugas sebagai Menteri Pertahanan.

Padahal, pada pilpres tahun 2014 dan 2019 mereka menjadi rival yang memperebutkan kursi orang nomor satu di Indonesia.

Namun, dalam momen tersebut, Prabowo Subianto harus ikhlas menerima kekalahan karena Jokowi berhasil unggul dan mendapat kepercayaan dari masyarakat Indonesia.

Hingga saat ini, sebagian besar masa hidup Prabowo Subianto digunakan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Mulai dari berkarir sebagai tentara hingga menjabat sebagai letnan jenderal.

Setelah melalang buana menjadi pengusaha dan perwira tinggi, pada akhirnya Prabowo Subianto terjun sebagai politikus. 28 tahun sudah dirinya menjalani pendidikan hingga berkarir di bidang militer.

Profil Prabowo Subianto

Pria yang lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951 ini merupakan seorang anak dari Putra Begawan Ekonomi Soemitro Djojohadikusumo.

Semasa kecil, Prabowo Subianto justru menjalani hidup di luar negeri. Tak heran, sampai saat ini, ia fasih bicara dengan menggunakan banyak bahasa asing seperti bahasa Jerman, Inggris, Prancis dan Belanda.

Prabowo Subianto mulai tertarik untuk berkarir di bidang militer karena pengaruh besar yang diberikan oleh pamannya yang bernama Soebianto Djojohadikusumo.

Baca Juga : Profil Capres Airlangga Hartarto

Sempat Terjun di Operasi Militer Timor Timur

Kala itu, pada tahun 1974 setelah berhasil lulus dari pendidikannya di Akademi Militer Magelang dengan pangkat letnan dua, Prabowo Subianto mendapatkan perintah untuk ikut terjun dalam operasi militer di Timor Timur.

Dalam sejarah TNI AD, Prabowo Subianto menjadi satu-satunya sosok komandan termuda dalam operasi. Karirnya semakin menanjak tajam setelah berhasil menjabat sebagai wakil komandan Detasemen Penanggulangan Teror pada 1983 di Pasukan Khusus.

Setelah memutuskan untuk mengakhiri karirnya di dunia militer, Prabowo Subianto memutuskan untuk hidup di Yordania dan sejumlah negara di kawasan Eropa. Baru mulailah membuka bisnis bersama adiknya setelah kembali ke Indonesia.

Dikenal Sebagai Sosok Negarawan Sejati

Pada tanggal 6 Februari 2008, Prabowo Subianto mulai menjajaki dunia politik dengan mendirikan partai baru bernama Gerindra. Hanya saja, ia tidak langsung mendapat kepercayaan untuk mengisi jabatan sebagai ketua umum.

Hingga tanggal 28 Agustus 2014, Gerindra dipimpin langsung oleh Suhardi. Barulah setelahnya hingga sekarang, Prabowo Subianto berhasil menduduki posisi sebagai orang nomor satu di partai Gerindra.

Terhitung, pada pesta demokrasi dari tahun 2009, 2014 dan 2019, perolehan suara yang didapatkan terus mengalami peningkatan.

Baca Juga : Perjalanan Karir dan Profil Anies Baswedan, Calon Presiden 2024