Wayan Koster Tegaskan Tak Terima Atlet Israel di World Beach Games

Gubernur Bali I Wayan Koster pastikan bila kehadiran atlet Israel dilarang di Bali, namun Koster terus mendukung World Beach Games berjalan.

Wayan Koster Tegaskan Tak Terima Atlet Israel di World Beach Games
Wayan Koster. Gambar: Humas Pemprov Bali

BaperaNews - Gubernur Bali I Wayan Koster memastikan tetap menolak kehadiran Timnas Israel di event World Beach Games 2023 Bali yang akan dilaksanakan pada 5-12 Agustus 2023 mendatang meski ia sudah bertemu dengan Menpora Dito Ariotedjo.

Koster tetap kukuh bahwa ia menolak Israel karena menjalankan amanat dan wibawa UU 1945. Dasar Indonesia tersebut harus tetap dilaksanakan di semua hal termasuk di acara World Beach Games. “Dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, artinya penyelenggaraan World Beach Games 2023 Bali ini akan dilaksanakan tanpa kehadiran Israel” tutur Koster hari Sabtu 15/4.

Koster menyampaikan pernyataan tersebut usai adanya kabar ia mendukung World Beach Bali 2023 1000% meski ada Israel. “Saya tegaskan berita ini tidak benar ya, sikap saya tetap konsisten menolak kehadiran timnas Israel di World Beach Games Bali 2023” imbuhnya. Koster menyatakan ia mendukung penuh untuk kesuksesan acara ini agar sukses dan lancar, namun “sepanjang tanpa kehadiran Israel” pungkas Koster.

Sebelumnya Menpora Dito menyebut ia telah bertemu Koster bersama Ketum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari di Denpasar, Bali pada hari Jumat 14/4 dan ia menyebut Koster sudah mendukung 1000% dilaksanakannya World Beach Games Bali 2023.

Baca Juga: Jokowi Respons Soal Wayan Koster Tolak Atlet Israel di World Beach Games Bali

“Alhamdulillah sudah ada kesepakatan, ada pertemuan bahwa Pemprov Bali dan Gubernur 1000% mendukung ajang World Beach Games yang kedua ini. Tentang kehadiran Israel, nanti ada pengumuman minggu depan, jadi ikuti saja resminya, pasti kita tidak akan keluar dari konstitusi, tenang saja, pokoknya kita ikut konstitusi dan aturan” jelas Dito.

Israel sebelumnya juga ditolak di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia yang berujung pembatalan status rumah Indonesia. Sebagai informasi, sebenarnya Israel sudah pernah datang ke Indonesia untuk mengikuti sejumlah event, diantaranya Sidang Majelis ke-144 IPU di Nusa Dua Bali 20-24 Maret 2022, Kejuaraan Dunia BWF 2015, Piala Dunia Panjat Tebing pada 24-26 September 2022, hingga Kejuaraan Dunia UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta.

Pada kala itu tidak terlalu ada kehebohan seperti saat ini, kehadiran Israel di event Indonesia mulai jadi pro kontra sejak adanya Piala Dunia U-20 2023. Hingga berita ini disampaikan belum ada respon dari panitia World Beach Games Bali maupun dari Israel terkait penolakan kehadiran peserta dari Israel.

Baca Juga: Mengenal Dito Ariotedjo, Menpora Baru Sekaligus Menteri Termuda Di Kabinet Jokowi