Syahrul Yasin Limpo Mengundurkan Diri: "Harga Diri Lebih Tinggi daripada Jabatan"

Syahrul Yasin Limpo akhirnya resmi mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian, Pada Kamis (5/10/2023).

Syahrul Yasin Limpo Mengundurkan Diri: "Harga Diri Lebih Tinggi daripada Jabatan"
Syahrul Yasin Limpo Mengundurkan Diri:

BaperaNews  –  Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian pada Kabinet Indonesia Maju, telah resmi mengundurkan diri. Langkah ini diambil menyusul dugaan korupsi yang melibatkannya. Meski demikian, politikus NasDem ini menekankan integritasnya sebagai orang Bugis dan Makassar, mengutip, “Harga diri jauh lebih tinggi daripada pangkat atau jabatan. Saya ingin membuktikan bahwa saya selalu melayani rakyat dengan sepenuh hati,” ujarnya setelah penyerahan surat pengunduran diri di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2023.

Menariknya, meski telah mengajukan permohonan untuk bertemu Presiden Jokowi, Syahrul belum mendapatkan kesempatan tersebut. Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengungkapkan bahwa pertemuan antara Syahrul dengan Jokowi direncanakan berlangsung pada Jumat, 6 Oktober 2023.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Hilang di Eropa, Syahril Yasin Limpo Sudah Kembali ke Indonesia

Seputar kasus yang menjeratnya, Syahrul Yasin Limpo terindikasi terlibat dalam korupsi, pemerasan saat menjabat, gratifikasi, dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang saat ini ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Fakta mencengangkan muncul saat tim KPK melakukan penggeledahan di sejumlah properti Syahrul, termasuk rumah dinas Kementan di Jakarta dan rumah pribadi di Makassar. Dari serangkaian penggeledahan tersebut, aset senilai Rp 30 miliar, sejumlah dokumen penting, dan mobil Audi A6 berhasil disita.

Di sisi lain, saat ditemui di Istana Merdeka, Kamis sore, SYL mengaku belum mendapatkan informasi resmi terkait panggilan dari KPK. “Saya baru saja menyelesaikan urusan di Polda Metro Jaya. Saya belum sempat istirahat, karena tadi juga diperiksa di Polda,” ungkapnya. Pada kesempatan tersebut, Mentan Syahrul memberikan keterangan soal dugaan pemerasan yang melibatkan Pimpinan KPK.

Kasus yang menjerat mantan Menteri Pertanian ini tentu menambah daftar panjang skandal yang melibatkan pejabat tinggi di Indonesia. Publik kini menunggu dengan penuh antisipasi bagaimana proses hukum selanjutnya dan harapan agar keadilan dapat ditegakkan.

Baca Juga: Mentan Syahrul Yasin Limpo Menghadap Presiden Jokowi di Istana Hari Ini - Bapera News