Beasiswa Kukar Idaman 2023 Dibuka, Cek Syaratnya!

Program Beasiswa Kukar Idaman membuka tahap kedua dengan dana yang lebih besar. Pelajari selengkapnya di sini!

Beasiswa Kukar Idaman 2023 Dibuka, Cek Syaratnya!
Beasiswa Kukar Idaman 2023 Dibuka, Cek Syaratnya!. Gambar : Tangkapan Layar/Halaman Beasiswa.kukarkab.go.id

BaperaNews - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah mengumumkan pembukaan tahap kedua Beasiswa Kukar Idaman tahun 2023. Program beasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pembangunan sumber daya manusia ini menawarkan beragam peluang bagi pelajar, mahasiswa, dan tenaga pendidik di wilayah Kukar.

Salah satu poin penting dalam pengumuman ini adalah peningkatan anggaran untuk Beasiswa Kukar Idaman 2023. Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kutai Kartanegara mengalokasikan dana sebesar Rp5 miliar untuk program beasiswa ini.

Dana ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kukar Tahun 2023. Jumlah alokasi ini jauh lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Beasiswa 1.000 Guru Sarjana

Salah satu program beasiswa yang menarik perhatian adalah Beasiswa 1.000 Guru Sarjana. Program ini ditujukan untuk tenaga pendidik non-PNS yang belum memiliki gelar sarjana. Ini termasuk guru atau tenaga pendidik yang belum memiliki gelar S1, serta calon guru (mahasiswa) yang mengambil jurusan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

"Beasiswa 1.000 guru sarjana diberikan kepada tenaga pendidik non-PNS yang belum sarjana. Misalnya mereka bekerja di TU sekolah, tapi juga mengajar. Mereka dapat mengikuti program ini dengan syarat IPK minimal 2,5 dalam delapan semester," jelas Kabag Kesra Setda Kukar, Dendy Irwan Fahriza.

Baca Juga: Beasiswa Bakti BCA 2023 Dibuka 10 Oktober, Cek Cara Daftar dan Syaratnya!

Beasiswa Calon Guru untuk Mahasiswa FKIP

Bagi mahasiswa/i yang mengambil jurusan FKIP, terdapat program Beasiswa Calon Guru. Program ini akan membantu mereka dalam biaya kuliah dengan membayarkannya langsung ke rekening perguruan tinggi pertahun akademik.

Dalam pengumuman ini, pihak penyelenggara juga menekankan pentingnya pemahaman yang benar, bahwa dana beasiswa tidak akan masuk ke rekening personal, melainkan langsung ke perguruan tinggi.

Bermacam Kategori Beasiswa

Beasiswa Kukar Idaman terbagi menjadi dua kategori, yaitu Beasiswa Kerja Sama dan Beasiswa Stimulan.

  • Beasiswa Kerja Sama: Kategori ini melibatkan Beasiswa Tematik yang berdasarkan kerja sama dengan perguruan tinggi dan kebutuhan perangkat daerah, serta Beasiswa Santri Lanjut ke Perguruan Tinggi.

  • Beasiswa Stimulan: Kategori ini mencakup Beasiswa Prestasi Akademik untuk pelajar dan mahasiswa, Beasiswa Prestasi Non Akademik untuk pelajar dan mahasiswa, Beasiswa Yatim Piatu, Yatim dan Piatu, Prasejahtera, serta Disabilitas. Terdapat juga Beasiswa Santri Pondok Pesantren.

Dalam rangka memberikan informasi lebih lanjut kepada masyarakat, pihak penyelenggara Beasiswa Kukar Idaman telah menyiapkan jadwal sosialisasi mulai tanggal 9 hingga 19 Oktober. Sosialisasi ini akan menjangkau perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Timur dengan cakupan guru, calon guru, dan mahasiswa S1.

"Kami akan mencapai 20 kecamatan di Kukar, dengan menyasar SMA dan SMK sederajat. Pembagian beasiswa akan dilakukan perzona lokus di wilayah hulu, tengah, dan pesisir," jelas Dendy.

Pendaftaran Online

Bagi calon pendaftar atau penerima beasiswa, proses pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi https://beasiswa.kukarkab.go.id/. Berikut adalah tata cara pendaftaran:

  1. Akses laman https://beasiswa.kukarkab.go.id/.
  2. Gulir ke bawah, pilih 'Klik Disini Untuk Pendaftaran'.
  3. Isi formulir pendaftaran.
  4. Pilih jenis beasiswa yang diinginkan.
  5. Laman akan menampilkan berkas persyaratan yang perlu disiapkan.
  6. Klik 'Buat Proposal' untuk lanjut ke pengisian data selanjutnya.
  7. Isi data Informasi Personal, Informasi Pendidikan, dan Informasi Orang Tua.
  8. Selanjutnya, unggah berkas persyaratan beasiswa.
  9. Setelah selesai, klik 'Lakukan' pada konfirmasi proposal.
  10. Klik 'Download Priview Proposal Pengajuan', print atau simpan data sebagai bukti fisik pendaftaran.
  11. Untuk mengirim proposal, klik 'Ya, Kirim Proposal'.
  12. Setelah mengirim proposal, tinggal menunggu data diverifikasi oleh admin beasiswa.

Beasiswa Kukar Idaman Tahap 2 tahun 2023 tersedia untuk berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi (D4/S1, S2, S3). Ini memberikan kesempatan luas bagi masyarakat Kukar untuk mengakses bantuan pendidikan sesuai dengan tingkatannya.

Baca Juga: Jadwal, Syarat, dan Cara Daftar Beasiswa BSI 2023 untuk Mahasiswa Semester Akhir