5 Tips Membuat Sate Daging Kambing Atau Daging Sapi Menjadi Empuk

Berikut 5 tips membuat daging kambing atau daging sapi agar empuk saat ingin dijadikan sate.

5 Tips Membuat Sate Daging Kambing Atau Daging Sapi Menjadi Empuk
Berikut 5 tips membuat daging kambing atau daging sapi agar empuk saat ingin dijadikan sate. Gambar : Pixabay.com/Dok. Feelgoodpics

BaperaNews - Sate menjadi salah satu menu andalan yang diolah saat perayaan Idul Adha. Namun, mengolah daging kambing atau daging sapi untuk sate agar empuk pun mempunyai cara khusus. Apalagi untuk menghindari bau prengus setelah sate matang.

Oleh karena itu, tim Baperanews.com, akan memberikan tips agar daging sapi atau daging kambing yang nanti akan dijadikan sate supaya empuk

Berikut tips agar daging kambing atau sapi supaya empuk dan tidak bau prengus saat diolah menjadi sate:

  1. Menggunakan buah nanas

Menggunakan buah nanas. Gambar : Pixabay.com/Dok. Security

Buah nanas menjadi salah satu bahan yang cukup kuat dalam memecahkan serat daging. Kalian hanya butuh waktu 3-5 menit untuk meredam daging kambing atau daging sapi agar empuk saat diolah menjadi sate sebelum dibumbui dan dibakar.

Dalam teknik ini, kalian perlu menyerut atau menghaluskan buah nanas. Lalu parutan dari buah nanas dibaluri ke potong daging kambing atau daging sapi. Proses perendaman daging kambing atau daging sapi dengan buah nanas cukup 3-5 menit saja, agar daging tidak hancur saat ditusuk dan dipanggang.

  1. Bungkus dengan daun pepaya

Bungkus dengan daun pepaya. Gambar : Pixabay.com/Dok.pisauikan

Tips selanjutnya ialah bungkus daging kambing atau daging sapi dengan daun pepaya. Pada tips ini, kalian siapkan dua lembar daun pepaya yang sudah tua. Lalu remas-remas daun pepaya dan bungkuskan pada daging kambing atau daging sapi yang sudah dipotong-potong. Biarkan selama 20 menit sebelum ditusuk dan dibakar.

  1. Lumuri dengan tepung maizena atau tepung jagung

Lumuri dengan tepung maizena atau tepung jagung. Gambar : www.flickr.com

Maizena atau tepung jagung juga ternyata mampu memecah serat daging kambing atau daging sapi sehingga membuat daging menjadi empuk. Pada tips ini, kalian hanya perlu menaburkan tepung maizena pada daging kambing atau daging sapi yang sudah dipotong-potong. Setelah dilumuri tepung, daging kambing atau daging sapi siap untuk di tusuk-tusuk ke dalam tusuk sate. Lalu diamkan selama 15 menit untuk dibumbui dan dibakar.

  1. Daging dipotong melintang

Daging dipotong melintang. Gambar : Pixabay.com/Dok. HNBS

Selain dengan bahan lain, daging juga bisa empuk ketika kita memperhatikan cara pemotongan daging. Perhatikan ukuran dan ketebalan daging sapi atau daging kambing yang akan dipakai untuk sate. Untuk sate, kita bisa memotong daging sapi atau daging kambing secara melintang serat dengan ketebalan sekitar 1/2 cm. Tak perlu terlalu besar atau tebal supaya nanti hasilnya cepat empuk saat dipanggang atau dibakar.

  1. Menggunakan bagian daging tertentu

Menggunakan bagian daging tertentu. Gambar : Unsplash.com/Dok. Frank Zhang

Memilih bagian daging juga bisa menjadi salah satu alternatif agar daging pada olahan sate nantinya menjadi empuk. Beberapa bagian yang cocok untuk dijadikan sate ialah daging has dalam, daging has luar, dan daging lamusir.

Baca Juga : Selain Sate, Berikut Ide Masakan Dari Olahan Daging Idul Adha