X/Twitter Bikin Fitur Lowongan Kerja

X/Twitter memperkenalkan fitur pencari kerja X yang bisa menjadi pesaing bagi LinkedIn. Dengan akun @XHiring, fitur ini tersedia secara beta dan ditujukan untuk organisasi terverifikasi.

X/Twitter Bikin Fitur Lowongan Kerja
X/Twitter Bikin Fitur Lowongan Kerja. Gambar : X/@XHiring

BaperaNews - Media sosial X/Twitter memperkenalkan fitur lowongan kerja X yang kabarnya bisa menjadi pesaing LinkedIn. Kepastian adanya fitur tersebut diketahui dari adanya akun @XHiring dimana pada unggahan pertamanya menyatakan fitur telah tersedia secara beta.

“Buka akses lebih awal ke X Hiring Beta secara eksklusif untuk organisasi terverifikasi. Tunjukkan eran Anda yang paling penting dan jangkau berjuta kandidat yang relevan secara organik” bunyi cuitan pertama di akun X @XHiring hari Sabtu (26/8).

Meski fitur lowongan kerja X baru disediakan pada versi beta, media BGR melaporkan loker sudah muncul di sejumlah akun. Salah satunya Vercel, menyampaikan pengumuman loker di profilnya. Hanya organisasi terverifikasi yang bisa mengakses ke versi beta.

Meski fitur lowongan kerja X yang hendak dirilis media sosial X/Twitter belum selengkap LinkedIn, ini menjadi tanda X memang akan diteruskan sesuai mimpi Elon Musk untuk menjadikan X aplikasi yang serba bisa, tidak sekedar media sosial semata.

XHing juga memberikan organisasi cara lainnya untuk iklankan loker bahwa mereka merekrut di luar unggahan spam untuk posisi terbuka. Sebelumnya ketika media sosial X masih bernama Twitter pada Juli 2023 lalu sempat muncul kabar Elon Musk mencari fitur pencari lowongan kerja. 

Baca Juga : X/Twitter Akan Hilangkan Judul Berita

Saat itu Twitter membuat akun @TwitterHiring namun kini telah menghilang dan tidak pernah muncul unggahan atau cuitan apapun sejak pertama kemunculannya.

Langkah adanya fitur pencari kerja X mirip Linkedln sebenarnya juga telah diisyaratkan kemunculannya oleh Elon Musk pada Mei 2023 ketika seorang pengguna menyarankan agar Twitter bisa mengimplementasikan fitur kencan dan direspon “Ide yang menarik, mungkin juga fitur tentang pekerjaan”.

X ingin menjadi pesaing perusahaan pencari kerja populer seperti LinkedIn dan Indeed. Twitter membeli perusahaan teknologi pencocokan pekerjaan bernama Laskie pada Mei 2023 yang merupakan akuisisi pertama perusahaan sejak Elon Musk membeli aplikasi tersebut. Akuisisi ini diduga mengembangkan Twitter dalam membuat fitur lowongan kerja X.

Nampaknya organisasi juga tidak perlu membayar ekstra untuk akses atau posting lowongan pekerjaan dimana CEO Workweek Adam Ryan mengaku mendapat fitur terbaru ini secara gratis karena telah menjadi satu layanan dengan media sosial X Premium (dulunya Twitter Blue) yang telah ada biaya langganan bulanan tersendiri.

Baca Juga : X/Twitter Akan Hapus Fitur Blokir