Wuling Pastikan Produksi Mobil Listrik Kecil di Indonesia

Dalam acara GIIAS 2021, Wuling pastikan produksi mobil listrik dengan ukuran kecil di Indonesia

Wuling Pastikan Produksi Mobil Listrik Kecil di Indonesia
Mobil listrik wuling saat di acara GIIAS 2021. Gambar :cnnindonesia.com

BaperaNews - SGMW Motor Indonesia (Wuling) mengumumkan kesiapannya untuk dapat melokalisasi mobil listrik murni di Indonesia. Akan tetapi, belum dapat diketahui secara detail terkait jenis mobil listrik apa yang akan diproduksi, namun akan berbasis Global Small Electric Vehicle (GSEV).

Wakil Presiden of Wuling Motors yaitu Han Dehong menyampaikan kesiapan wuling untuk dapat menyambut era baru kendaraan listrik di Indonesia telah mencapai tahap akhir. Han menyampaikan bahwa mobil listrik Wuling akan segera diproduksi serta dipasarkan di Indonesia apabila persiapannya telah rampung.

Sebelumnya, Wuling telah menyampaikan niatnya untuk dapat berkompetisi pada industri mobil listrik di Indonesia. Strategi yang diterapkan oleh Wuling sedikit berbeda dengan kompetitor lainnya dimana Wuling akan menciptakan kendaraan tanpa emisi yang berukuran kecil.

Diketahui, strategi tersebut berbeda dengan berbagai merek lain yang telah lebih dulu memproduksi mobil listrik dengan meluncurkannya dalam bentuk sedan atau hatchback.

Informasi mengenai kapan waktunya akan tiba, Han Dehong menyampaikan bahwa hal tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.

Pada gelaran acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang, Han Dehong menjelaskan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan meluncurkan produk generasi berikutnya dengan platform GSEV. Mobil listrik tersebut tidak hanya akan dijual di Indonesia, namun juga akan diproduksi di Indonesia.

Sebagai informasi, kini telah terdapat beberapa mobil listrik Wuling yang berbasis GSEV seperti Mini EV dan juga Baojun. Kedua mobil tersebut telah dibawa ke Indonesia untuk dapat dipamerkan di acara GIIAS 2021.

Kedua mobil tersebut adalah mobil listrik yang memiliki ukuran yang mungil, akan tetapi kapasitas maksimalnya bisa sampai 4 orang. Sejak tahun 2014, mobil listrik Wuling telah dikembangkan di China, dan kemudian mereka menciptakan platform mobil listriknya sendiri yaitu GSEV.

Adapun platform mobil tersebut dinilai dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, space di dalamnya juga masih sangat lapang, dan fitur yang ada didalamnya sangat beragam, aspek keselamatan, serta memiliki teknologi yang modern.

Kini, Wuling telah memiliki berbagai produk berbasis GSEV yang dikatakan telah laku terjual lebih dari 650 ribu unit di China.

Han Dehong menjelaskan bahwa keberhasilan Wuling GSEV di China serta permintaan dari pasar global telah memotivasi Wuling untuk dapat menciptakan produk listriknya serta turut berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem EV di Indonesia.

Terakhir, ia menuturkan bahwa sejak tahun 2018 pihak Wuling telah menyiapkan untuk menghadapi era elektrifikasi kendaraan di Indonesia dengan menghadirkan produk EV pertama di berbagai pameran otomotif. Adapun jenis mobil tersebut yaitu mobil E100 dan E200.