iPhone Bakal Hadirkan Lebih Banyak Iklan?

Perusahaan Apple pembuat Iphone bakal hadirkan lebih banyak iklan di perangkatnya, Mulai dari maps, podcast hingga Books akan muncul iklan

iPhone Bakal Hadirkan Lebih Banyak Iklan?
iPhone akan hadirkan lebih banyak iklan. Gambar : Unsplash.com/bhaguz

BaperaNews - Apple, perusahaan pembuat iPhone, disebut akan menghadirkan iklan lebih banyak pada iPhone terbarunya dan perangkat lain buatannya.

Jurnalis Mark Gurman dari Bloomberg menyebut Apple telah menguji iklan pencarian internal di Maps. Iklan ini menampilkan rekomendasi ketika pengguna mencari toko, resto, atau bisnis terdekat lainnya. Sebelumnya, iklan serupa telah diterapkan di App Store.

Dengan model ini, pengembang bisa membayar agar aplikasinya dipromosikan di halaman pencarian dengan kriteria tertentu misalnya permainan teka-teki atau edit foto.

Menurut Gurman, iklan di Maps bekerja dengan cara yang sama dengan bisnis yang muncul di halaman utama Google. Ia juga mengatakan Apple kemungkinan menghadirkan iklan di Podcast dan Booksnya.

Dengan demikian, pengiklan bisa beriklan di tiap aplikasi tersebut dan membayar agar konten mereka berada di tempat yang lebih utama di lembar penelusuran.

Apple sendiri sudah punya iklan di pencarian App Store, namun Gurman memperkirakan iklan tersebut akan diperluas ke Tab Today dan laman unduhan aplikasi, iklan juga kemungkinan muncul di Apple TV Plus dan pengiklan bisa memilih harga lebih rendah.

Baca Juga : Terbongkar! 5 Bocoran Iphone 14 Dari Spesifikasi, Harga Hingga Kamera Canggih

Metode serupa menurutnya akan diterapkan di Netflix dan Disney Plus sejak akhir tahun 2022 ini.

Saat ini, Apple TV menawarkan layanan berlangganan bebas iklan dengan biaya US$4,99 per bulannya. Iklan di App Store pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 dan menampilkan aplikasi di laman News serta Sahamnya.

Pada September 2021, Apple bertanya kepada penggunanya, apakah mereka ingin mengaktifkan iklan personalisasi yang muncul di aplikasi dan disesuaikan dengan kebijakan Transparansi Pelacakan Iklan (ATT).

ATT yang memiliki fitur untuk pengguna menonaktifkan pelacakan iklan bertarget, langkah Apple untuk membuat iklan lebih banyak di Podcast, App Store, Maps, dan Books yang menandakan Apple ingin memperluas bisnis iklannya lebih besar dan lebih jauh lagi.

Pada bulan Mei, laporan dari Insider mengungkap Wakil Presiden Senior Apple Edy Cue berencana membuat konstruksi bisnis layanan Apple untuk mengarahkan perhatian lebih banyak ke streaming dan periklanan.

Lepas dari hal tersebut, iPhone tetap menjadi salah satu ponsel yang difavoritkan oleh sebagian banyak orang. Harganya yang di atas rata-rata atau bisa dibilang mahal dianggap setara dengan kualitas dan spesifikasi yang ditawarkannya.

Baca Juga : Wow! iPhone 14 Akan Hadir Dengan Kamera Lebih Besar Dan Warna Ungu Yang Menggoda