Telah Lama Tumbang, Friendster Hadir Kembali!

Friendster, media sosial yang sempat populer di awal 2000-an, mengumumkan kembalinya dengan tampilan baru dan fitur yang segar di situs resmi mereka. Baca selengkapnya di sini!

Telah Lama Tumbang, Friendster Hadir Kembali!
Telah Lama Tumbang, Friendster Hadir Kembali!. Gambar : friendster.com

BaperaNews - Friendster, media sosial yang sempat merajai dunia maya pada awal tahun 2000-an, dikabarkan akan kembali hadir dalam waktu dekat. Pengumuman ini datang dari laman resmi Friendster https://friendster.com/ yang kini bisa diakses oleh publik.

Situs baru Friendster menampilkan tampilan yang segar dengan latar belakang warna putih dan sejumlah wajah orang yang tersenyum.

"A NEW ERA OF PERSONALIZED NETWORKING," tulis kalimat menarik di halaman pertama situs Friendster. 

Untuk meramaikan kembalinya Friendster, situs tersebut memungkinkan pengguna untuk mendaftar dan bergabung dalam antrean. Hingga saat ini, lebih dari 20.000 orang telah mendaftar untuk menjajal Friendster lebih awal.

Sejarah Friendster

Friendster adalah salah satu media sosial yang pertama kali dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dibuat pada tahun 2002 oleh Jonathan Abrams, seorang programer asal Kanada, Friendster mulai beroperasi pada tahun 2003. Nama Friendster sendiri diambil dari dua suku kata, 'Friend' yang berarti teman, dan 'Napster' yang memiliki arti fenomena.

Baca Juga: Instagram Rilis Fitur Pengingat Untuk Menutup Aplikasi

Pada puncak kejayaannya pada tahun 2000-an, Friendster berhasil meraih kesuksesan di kalangan anak muda yang mencari teman atau pasangan di dunia maya. Friendster menjadi platform medsos yang menghubungkan orang-orang dari berbagai belahan dunia.

Menurut data Venturebeat, Friendster memiliki pengguna aktif bulanan mencapai 37,1 juta orang pada Juni 2008, dengan mayoritas pengguna berasal dari Asia.

Namun, kepopuleran Friendster tergerus ketika Facebook muncul pada tahun 2004. Meskipun Friendster mencoba untuk melakukan inovasi pada platformnya, Facebook berhasil mengatasi kekurangan Friendster dan secara perlahan menggantikan posisinya. Facebook menawarkan lebih banyak fitur dan lebih sedikit bug, mengambil alih pangsa pasar Friendster dengan cepat.

Akibat menurunnya pengguna di situs web Friendster, pada tahun 2009, perusahaan asal Malaysia, MOL Global, membeli Friendster dengan harga 40 juta dolar. Friendster kemudian bertransformasi menjadi situs web game online.

Pada 31 Mei 2011, data pengguna Friendster mulai dihapus, dan Facebook berhasil memenangkan pertarungan dengan mengalihkan sebagian besar pengguna Friendster.

Kini Friendster Kembali! Meskipun belum diketahui kapan Friendster akan resmi dirilis, kehadiran kembali jejaring sosial ini mengundang rasa penasaran dari masyarakat. Friendster berharap untuk mengulangi kesuksesan yang pernah diraih sebelumnya dan menciptakan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: Simak! Ini Cara Keluar dari Grup Facebook Tanpa Diketahui Anggota Lain