Wakili Joe Biden, Wakil Presiden AS Kamala Harris Hadiri KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta

Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, untuk menghadiri KTT ASEAN ke-43 di Jakarta.

Wakili Joe Biden, Wakil Presiden AS Kamala Harris Hadiri KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta
Wakili Joe Biden, Wakil Presiden AS Kamala Harris Hadiri KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta. Gambar : AP Photo/Dok. Achmad Ibrahim, Pool

BaperaNews - Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Selasa malam untuk menghadiri KTT ASEAN ke-43 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu. Presiden AS, Joe Biden, tidak menghadiri konferensi ini, tetapi mengutus sosok kuat dari negaranya, Kamala Harris.

Sebagai lanjutan dari keterlibatan AS dalam urusan regional, kedatangan Kamala Harris ke Jakarta menegaskan komitmen abadi Amerika Serikat terhadap Asia Tenggara dan sentralitas ASEAN.

"Wakil Presiden akan memajukan inisiatif untuk meningkatkan kesejahteraan dan keamanan bersama," ujar Gedung Putih menjelaskan perjalanan Kamala Harris.

Ini menyoroti pentingnya kerja sama dalam isu-isu seperti krisis iklim, keamanan maritim, infrastruktur, pertumbuhan ekonomi, serta penegakan dan penguatan aturan dan norma internasional.

Kamala Harris hadiri KTT ASEAN tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 22.00 WIB. Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, menyambut kedatangannya. Ini bukanlah kunjungan pertamanya ke Asia Tenggara.

"Ini adalah perjalanan ketiga Wakil Presiden ke Asia Tenggara dalam dua tahun terakhir," kata Gedung Putih.

Baca Juga: Siwon Kasih Pesan untuk Pemimpin Negara di KTT ASEAN 2023

Kamala Harris sebelumnya mengunjungi Singapura dan Vietnam pada Agustus 2021 serta Thailand dan Filipina pada bulan November 2022.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden dikonfirmasi tidak menghadiri KTT ASEAN 2023 di Jakarta. Sebagai gantinya, ia berencana mengunjungi India untuk menghadiri pertemuan G20.

"Presiden Biden dan mitra G20 akan membahas berbagai upaya bersama untuk mengatasi masalah global," kata Gedung Putih.

Di antaranya adalah transisi energi ramah lingkungan, perubahan iklim, dampak ekonomi dan sosial dari perang di Ukraina, serta tantangan global lainnya.

AS memiliki hubungan yang kuat dengan negara-negara ASEAN. Sebagai bukti, AS adalah salah satu dari dialogue partners ASEAN, bersama dengan Australia, India, Inggris, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, China, dan Uni Eropa.

KTT ASEAN 2023 juga dihadiri oleh perwakilan lainnya. Di antara yang tercatat, Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, beserta delegasinya tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 20.15 WIB pada malam yang sama. Mereka disambut oleh Direktur Konsuler Kementerian Luar Negeri, Simon Djatwoko Irwantoro Soekarno.

Mengingat pentingnya hubungan multilateral, kehadiran Wakil Presiden AS Kamala Harris dalam KTT ASEAN di Jakarta ini menjadi titik fokus banyak pihak. Ini menandai upaya berkelanjutan dari Amerika Serikat untuk memperdalam hubungan dan kerja sama dengan negara-negara di Asia Tenggara.

Baca Juga : Ini Aturan Pembatasan Angkutan Barang Saat KTT ASEAN 2023