Vin Diesel Digugat Atas Tuduhan Pelecehan Seksual kepada Mantan Asisten

Aktor dan produser Vin Diesel digugat atas tuduhan pelecehan seksual yang diajukan oleh mantan asistennya, Asta Jonasson.

Vin Diesel Digugat Atas Tuduhan Pelecehan Seksual kepada Mantan Asisten
Vin Diesel Digugat Atas Tuduhan Pelecehan Seksual kepada Mantan Asisten. Gambar : Reuters/Mario Anzuoni

BaperaNews - Aktor dan produser Vin Diesel saat ini tengah dihadapkan pada  tuduhan pelecehan seksual yang diajukan oleh mantan asistennya, Asta Jonasson.

Gugatan ini diajukan di Los Angeles pada Kamis, 21 Desember 2023, dan mencuatkan kisah kontroversial yang terjadi pada tahun 2010, di tengah syuting film "Fast Five" di kamar hotel The St. Regis Atlanta, Amerika Serikat.

Gugatan ini menegaskan bahwa Vin Diesel menarik Asta Jonasson ke tempat tidur secara paksa, melakukan pelecehan tubuh, menempelkannya ke dinding, dan bahkan melakukan tindakan masturbasi di depannya.

Jonasson mengklaim bahwa peristiwa ini menyebabkannya merasa terjebak dan tidak dapat melarikan diri, dengan upaya putus asa untuk menghentikan serangan tersebut.

Menurut dokumen pengadilan, Jonasson bekerja sebagai asisten di perusahaan produksi Vin Diesel, One Race Films, untuk membantu dalam proyek syuting "Fast Five" di Atlanta pada 2011.

Kejadian tragis ini terjadi dalam kamar hotel tempat tim produksi menginap. Beberapa jam setelah insiden, Samantha Vincent, saudara perempuan Vin Diesel dan presiden One Race Films, memecat Jonasson, menyisakan pertanyaan tentang motif pemecatan yang kontroversial.

Baca Juga : Jonathan Majors Ditetapkan Bersalah Atas Dugaan Kasus Pelecehan Seksual

“Jelas baginya bahwa dia dipecat karena dia tidak lagi berguna, Vin Diesel telah memanfaatkannya untuk memenuhi hasrat seksualnya, dan dia menolak serangan seksualnya,” demikian isi gugatan tersebut.

"Jonasson merasa dia seperti sampah yang harus dibuang. Jonasson merasa tidak berdaya, harga dirinya hancur, dan dia mempertanyakan keterampilannya sendiri dan apakah karir yang sukses mengharuskan dia menukar tubuhnya demi kenaikan pangkat.”

Pengacara Vin Diesel, Bryan Freedman, segera memberikan tanggapan pada Kamis sore, 21 Desember 2023, membantah keras tuduhan tersebut.

Dalam pernyataannya, Freedman menyatakan bahwa ini adalah pertama kalinya Vin Diesel mendengar klaim tersebut, dan dia menegaskan penolakan klaim tersebut secara keseluruhan.

Freedman juga menyoroti bahwa klaim ini muncul setelah lebih dari 13 tahun dan dilontarkan oleh seseorang yang hanya bekerja selama 9 hari.

“Biar saya perjelas: Vin Diesel dengan tegas menyangkal klaim ini secara keseluruhan,” kata Freedman.

“Ini adalah pertama kalinya dia mendengar tentang klaim berusia lebih dari 13 tahun yang dibuat oleh seorang karyawan yang konon bekerja selama 9 hari. Ada bukti jelas yang sepenuhnya membantah tuduhan aneh ini.”

Baca Juga : 10 Artis Hollywood Korban Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual, ada Taylor Swift