Masjid Al Jabbar Bandung Dengan 4 Museum Nabi Akan Diresmikan Akhir Tahun

Masjid Al Jabbar Bandung yang desainnya digagas langsung oleh Ridwan Kamil dan juga memiliki 4 museum Nabi akan diresmikan pada 30 Desember 2022.

Masjid Al Jabbar Bandung Dengan 4 Museum Nabi Akan Diresmikan Akhir Tahun
Masjid Al Jabbar Bandung dengan 4 Museum nabi akan diresmikan akhir tahun. Gambar : Dok. Hutama Karya

BaperaNews - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan meresmikan Masjid Al Jabbar pada akhir tahun ini, tepatnya 30 Desember 2022 mendatang. Proyek prestisius masjid yang berdiri di atas danau buatan itu akan dapat menampung sebanyak 33.000 orang.

Proyek prestisius masjid yang telah menelan biaya Rp 1 triliun lebih ini dibagi dalam empat tahap. Tahap I pada 2017–2018, tahap II 2019, tahap III 2020, dan sisanya dilakukan pada tahap IV. Adapun desain Masjid Al Jabbar ini digagas langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Masjid Al Jabbar Bandung diharapkan bakal menjadi khazanah religi dan wisata halal serta ikon internasional. Hal ini terkait desain yang belum ditiru oleh masjid manapun, fasad masjid ini berupa kaca yang disusun seperti sisik ikan. Jumlah kaca yang dibutuhkan untuk membangun masjid ini mencapai 6.136 lembar.

Sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jabar Edi Komarudin sangat mengapresiasi desain dan konsep Masjid Al Jabbar yang dirancang oleh Ridwan Kamil.

"Ini masjid yang luar biasa. Mudah-mudahan Masjid Al Jabbar jadi ikon tidak hanya nasional tapi internasional," kata Edi Komarudin dalam diskusi Galang Aspirasi Politik (Gaspol) Edisi 3 PWI Jabar Pokja Gedung Sate bertajuk 'Mahakarya Masjid Al Jabbar Khazanah Religi dan Wisata Halal', di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung, Selasa (20/12).

Baca Juga : Pertama Kalinya, Masjid Terbesar di Jerman Kumandangkan Azan Sampai ke Luar Gedung

Sebagai informasi, Masjid Al Jabbar Bandung memiliki luas area pembangunan mencapai 25,997 hektar dan memiliki banyak fasilitas menunjang segala aktifitas umat muslim, seperti plaza, ruang shalat mezanine hingga ruang shalat utama. Tak hanya itu, Masjid Al Jabbar Bandung ini juga memiliki ciri khas yang unik yakni adanya 4 museum Nabi

Museum Nabi tersebut difungsikan untuk meningkatkan mobilitas umat muslim terhadap edukasi. 4 Museum Nabi yang berada di Masjid Al Jabbar, diantaranya museum Nabi Adam, Nabi Ibrahim, Nabi Yunus, dan Nabi Nuh. 

Masjid Al Jabbar Bandung ini dibangun dari inspirasi Kang Emil (Ridwan Kamil) akan rumus matematika Aljabar. Aljabar yaitu rumus berulang dan matematika ini identik dengan Aljabar sehingga secara tidak langsung merespresentasikan singkatan nama provinsi Jawa Barat yaitu Jabar.

"Ada dua hal, memang ideologi dari saya itu matematika, yaitu rumus berulang. Dan matematika ini identik dengan Aljabar, eh nama provinsinya juga Jabar (Jawa Barat)," tutur Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (20/12).

Ridwan Kamil menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung pembangunan Masjid Al Jabbar yang merupakan mahakarya Jabar karena berdiri atas hasil buah pikiran dan kerja keras bersama.

"Terima kasih telah menyelesaikan kurang lebih 6 tahun dan laporannya hampir selesai semua," ungkap syukur Kang Emil.

Baca Juga : Beroperasi 2023 Mendatang, Berikut Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung