Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Diundur, Kemenhub Buka Suara

Jadwal uji coba kereta cepat Jakarta Bandung yang semula dijadwalkan pada Agustus 2023 kini diundur menjadi bulan September.

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Diundur, Kemenhub Buka Suara
Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Diundur, Kemenhub Buka Suara. Gambar : Dok. PT KCIC

BaperaNews - Uji coba kereta cepat Jakarta Bandung yang dijadwalkan pada 18 Agustus 2023 diundur menjadi September 2023.

Mekanisme uji coba akan segera diumumkan. Uji coba tetap diprioritaskan untuk masyarakat yang tinggal di sekitar jalur kereta cepat terlebih dahulu dimana mereka dinilai yang paling terdampak ketika proses pembangunan dilaksanakan.

“Uji coba kereta cepat Jakarta Bandung sesuai yang telah kita koordinasikan dengan pemerintah rencananya diundur menjadi September 2023. Mudah-mudahan 1 September 2023 sudah bisa. Dari masyarakat umum bisa mendapat uji coba secara mandiri dan gratis” kata General Manager Secretary KCIC Eva Chairunnisa hari Senin malam (7/8).

Untuk tanggal peresmian kereta cepat, Eva belum bisa mengungkap hari pastinya, ia hanya menyebut segala persiapan sedang dilakukan. Proses yang masih terlaksana adalah sertifikasi sarana prasarana. 

Baca Juga : Keren! Begini Tampilan Kursi First Class KCJB

“Ya nanti kita informasikan tanggal peresmian uji coba kereta cepat Jakarta Bandung. Yang sekarang itu kita sudah lakukan uji coba commissioning, sarana prasarana, semuanya berjalan lancar. Saat ini juga sedang lakukan sertifikasi sarana prasarananya” pungkas Eva.

Sebelumnya uji coba kereta cepat diundur Kemenhub, awalnya KCJB diumumkan bisa mulai dicoba masyarakat pada 18 Agustus 2023 untuk soft operation. Tarif KCJB juga masih gratis sampai Oktober 2023.

Namun kini ada perubahan demi memastikan segalanya berjalan lebih lancar dan matang. Uji coba KCJB untuk publik resmi diundur pada September 2023. Nantinya, masyarakat yang mendapat tarif gratis KCJB akan dipilih terlebih dahulu,

“Penumpang belum ditetapkan tarif, masih gratis sampai Oktober 2023 tapi penumpangnya dipilih” kata Menteri Perhubungan Budi Karya dalam kesempatan berbeda.

Budi tidak menjelaskan lebih detail alasan uji coba kereta cepat diundur Kemenhub dan siapa saja penumpang yang dipilih yang bisa mendapatkan tarif gratis.

Tentunya uji coba kereta cepat diundur Kemenhub ini demi mempersiapkan segalanya baik itu infrastruktur, petugas dan staf, sarana prasarana, jalur, hingga armada benar-benar maksimal agar benar-benar bisa memberikan dampak baik untuk masyarakat sisi ekonomi maupun kemudahan bermobilitas.

Kereta cepat di Indonesia ini ialah yang pertama kali di Asia Tenggara, diciptakan dengan bekerjasama perusahaan asal China dan di bawah wewenang PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Baca Juga : Lupa Bangun Akses Jalan ke Stasiun Kereta Cepat, Wamen BUMN Kecewa