Truk Bermuatan Surat Suara Pemilu Masuk Jurang di Semarang

Truk boks bermuatan 400.000 surat suara Pemilu 2024 terjun ke jurang setinggi 15 meter di Jalan Raya Semarang-Magelang pada Sabtu (06/01). 

Truk Bermuatan Surat Suara Pemilu Masuk Jurang di Semarang
Truk Bermuatan Surat Suara Pemilu Masuk Jurang di Semarang. Gambar : Dok. KPU Jateng

BaperaNews - Truk boks bermuatan 400.000 surat suara Pemilu mengalami kecelakaan di Jalan Raya Semarang-Magelang pada Sabtu (06/01). 

Truk yang melaju dari arah Semarang dikabarkan tidak mampu menanjak di tanjakan Kalimalang, Desa Kelurahan, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Akibatnya, truk bermuatan surat suara Pemilu tersebut mundur dan terjun ke jurang setinggi 15 meter, mengakibatkan kerusakan parah pada kendaraan tersebut dan menyebabkan 400.000 surat suara tersebar di dalam jurang.

Beruntung, kecelakaan ini tidak menimbulkan korban jiwa. Sopir truk boks yang mengangkut surat suara Pemilu mengalami luka-luka dan segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. 

Menurut Siti Mutabaroh, seorang warga setempat, kejadian terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, di mana truk yang semula menuju ke Magelang mundur dan terjun ke jurang.

Baca Juga : KPU Pastikan ODGJ Bisa Ikut Nyoblos pada Pemilu 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, Afifudin, menjelaskan bahwa truk tersebut membawa surat suara Pemilu untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang dapil 1 dan 6. 

Surat suara Pemilu 2024 tersebut dikirimkan dari percetakan dan terdiri dari sekitar 800 dus. Setiap dus berisi 500 lembar surat suara, sehingga totalnya mencapai sekitar 400.000 surat suara yang tersebar akibat kecelakaan truk tersebut.

Beberapa anggota kepolisian yang bertugas di lokasi sempat melarang wartawan untuk mengambil gambar kejadian tersebut. 

Hal ini menunjukkan tingginya kehati-hatian dalam menangani situasi ini, terutama mengingat surat suara Pemilu yang terlibat merupakan barang bukti yang membutuhkan penanganan khusus.

KPU Kabupaten Magelang akan dihadapkan pada tugas ekstra untuk mengatasi dampak dari kecelakaan ini, termasuk penyusunan dan pengiriman ulang surat suara yang rusak atau tercecer.

Baca Juga : Pemerintah Imbau Promotor Musik Tak Gelar Konser Saat Pemilu 2024