Transjakarta Rute Soetta Bakal Gelar Uji Coba, Cek Rutenya!

TransJakarta akan memulai operasional rute baru Jakarta-Bandara Soekarno Hatta dengan bus low deck. Uji coba dilakukan dengan biaya gratis!

Transjakarta Rute Soetta Bakal Gelar Uji Coba, Cek Rutenya!
Transjakarta Rute Soetta Bakal Gelar Uji Coba. Gambar : Dok.TransJakarta

BaperaNews - Layanan transportasi umum TransJakarta akan segera operasikan rute baru Jakarta-Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya. Rute Transjakarta Soetta akan segera dimulai dengan bus low deck dan berhenti di sejumlah titik. Uji coba Transjakarta Soetta segera dimulai dengan biaya Rp 0 alias gratis.

“Bus yang dipakai low deck. Jalan yang dilintasi disiapkan bus stop sehingga bisa melayani tidak secara point to point. Begitu melintas di Kalideres, masuk Tangerang, di jalan regular itu akan ditempatkan bus stop.

Kita pasang bus stop supaya bus bisa berhenti dan mengangkut penumpang disana baik itu menuju ke Bandara Soetta atau ke Kalideres” kata Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo hari Rabu (21/6).

Bus TransJakarta rute Jakarta-Bandara Soetta akan mengawali rute dari Jakarta di Terminal Kalideres. Sejumlah bus stop akan dipasang di sepanjang jalan Kalideres-Tangerang sebelum akhirnya sampai di rute utama Bandara Soetta.

Bus juga akan berhenti di Kantor Angkasa Pura II dan Terminal Kargo. Bus tidak berjalan point to point, namun layaknya layanan bus regular Jakarta. 

Baca Juga : Transjakarta Siap Buka Rute Ke Bandara Soetta

Uji Coba Memakai 9 Bus TransJakarta dengan Tarif Rp 0

Sebelum diluncurkan ke publik, pihak TransJakarta akan lakukan uji coba rute Transjakarta Soetta terlebih dahulu bekerjasama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek. 9 bus akan dipakai untuk uji coba dan masyarakat yang mencoba tidak dikenai biaya apapun alias Rp 0 atau gratis.

“BPJT akan terbitkan surat izin untuk uji coba Transjakarta Soetta. Makanya ada 9 bus yang akan lakukan uji coba, dari uji coba kita lakukan evaluasi dulu dan nanti hasilnya yang menentukan. Selama uji coba rute Transjakarta Soetta gratis, kami ingin melihat karakteristik selain mengetahui operasionalnya, secara teknis juga tentang masyarakat penggunanya” pungkas Syafrin.

Layanan uji coba bus TransJakarta rute Jakarta-Bandara Soetta ini disediakan setiap hari di jam layanan yakni pukul 06.00-09.00 WIB dan 18.00-21.00 dengan waktu tunggu bis atau headway 20 menit. Diharap rute baru ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat Jakarta yang hendak ke Bandara Soetta atau sebaliknya dengan transportasi yang nyaman, aman, dan terjangkau harganya.

Belum diketahui kapan bus TransJakarta rute Jakarta-Bandara Soetta akan resmi dioperasionalkan dengan penarikan biaya, untuk saat ini masih tersedia gratis sampai masa uji coba Transjakarta Soetta selesai.

Baca Juga : Respon Kemenhub Terkait Jadwal KCJB Bakal Mundur