Tempat Karaoke di Tegal Kebakaran, Tewaskan 6 LC

Enam pemandu lagu menjadi korban kebakaran di tempat karaoke di Tegal, Jawa Tengah. Simak kronologinya di sini!

Tempat Karaoke di Tegal Kebakaran, Tewaskan 6 LC
Tempat Karaoke di Tegal Kebakaran, Tewaskan 6 LC. Gambar: Jawapos.com/Agus Wibowo

BaperaNews - Tempat karaoke di Tegal, Jawa Tengah yang dikenal sebagai New Orange Karaoke, terbakar pada Senin pagi, (15/1), menewaskan enam pemandu lagu (LC). Tempat karaoke kebakaran ini terjadi sekitar pukul 08.30 WIB.

Berdasarkan investigasi awal, api yang menyala di lantai tiga atap musala diduga sebagai pemicu tragedi ini. Kapolres Tegal Kota, AKBP Rully Thomas, menyatakan bahwa korban meninggal diduga akibat lemas menghirup karbon dioksida (CO2), tanpa adanya luka bakar pada tubuh mereka.

Penyelidikan intensif oleh Tim Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) dan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Tengah masih berlangsung untuk menentukan penyebab pasti kebakaran tersebut.

Proses evakuasi korban pun langsung dilakukan. Petugas pemadam kebakaran, dengan bantuan mobil khusus dan tangga darurat, berusaha keras mencari penghuni gedung yang terjebak. Dinding gedung juga dijebol untuk memudahkan proses penyelamatan.

Selain enam korban tewas, ada sembilan orang lainnya yang terluka akibat kebakaran ini, termasuk seorang petugas Dinas Perhubungan Kota Tegal yang turut serta dalam evakuasi. Kesembilan korban terluka saat ini mendapat perawatan intensif di RSUD Kardinah.

Baca Juga: 6 LC Korban Kebakaran Di Tempat Karaoke, Meninggal Karena Sesak Nafas

Menurut kesaksian Bela Safiani, salah satu pemandu lagu yang selamat, para korban terjebak di dalam gedung karena mereka sedang tertidur saat api mulai menjalar. Asap tebal yang dihasilkan oleh api menyulitkan upaya penyelamatan dan memperburuk situasi di dalam gedung.

Kondisi tempat karaoke yang minim ventilasi membuat asap pekat semakin menumpuk, meningkatkan risiko sesak napas bagi para korban.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Satake Bayu, memberi informasi bahwa sebagian besar korban berasal dari Jawa Barat, seperti Cirebon, Purwakarta, dan Padalarang, serta ada juga dari Tegal dan Pemalang Jawa Tengah.

Kasus tempat karaoke kebakaran di Tegal ini menyoroti pentingnya standar keselamatan dan protokol keamanan di tempat hiburan. Insiden ini menjadi peringatan bagi pengelola tempat hiburan untuk lebih memperhatikan aspek keselamatan pengunjung dan karyawan.

Selain itu, tragedi ini juga mengingatkan masyarakat tentang pentingnya kesadaran akan bahaya kebakaran dan pentingnya tindakan evakuasi yang cepat dan efisien.

Penyebab kebakaran yang diduga kuat karena korsleting listrik masih terus diselidiki oleh pihak berwenang. Polisi, bersama tim forensik, berupaya mengumpulkan bukti dan keterangan dari saksi-saksi untuk memastikan penyebab pasti kebakaran yang menimpa tempat karaoke di Tegal ini.

Baca Juga: Fakta Terbaru Tempat Karaoke di Tegal yang Tewaskan 6 LC