6 LC Korban Kebakaran Di Tempat Karaoke, Meninggal Karena Sesak Nafas

Kebakaran besar terjadi di tempat karaoke New Orange di Tegal, mengakibatkan kematian enam pemandu lagu. Simak selengkapnya di sini!

6 LC Korban Kebakaran Di Tempat Karaoke, Meninggal Karena Sesak Nafas
6 LC Korban Kebakaran Di Tempat Karaoke, Meninggal Karena Sesak Nafas. Gambar: Rakyatcirebon.disway.id

BaperaNews - Kebakaran besar melanda tempat karaoke New Orange di Kota Tegal, Jawa Tengah pada Senin pagi, (15/1), mengakibatkan kematian enam pemandu lagu (LC). Menurut keterangan pemilik, Ponco Diyono, kebakaran terjadi terjadi sekitar pukul 08.30 WIB di Jalan Veteran ini dipicu oleh api yang diduga berasal dari lantai tiga atap musala.

Proses evakuasi pun langsung segera dilakukan. Petugas menggunakan tangga darurat dan mobil khusus, serta menjebol dinding untuk mencari penghuni gedung yang terjebak.

Keenam korban, yang disebut sebagai penghuni kamar di lantai dua tempat hiburan, tidak dapat menyelamatkan diri karena terjebak saat sedang tidur, menurut pengakuan saksi mata. Bela Safiani, salah satu pemandu lagu yang selamat, mengungkapkan bahwa api yang membakar gedung menimbulkan asap tebal, menyebabkan kesulitan dalam evakuasi.

Korban Tewas Diduga Karena Sesak Nafas

Selain enam LC yang tewas, kebakaran juga menyebabkan sembilan orang lainnya terluka, yang kini mendapatkan perawatan di RSUD Kardinah.

Baca Juga: Fakta Terbaru Tempat Karaoke di Tegal yang Tewaskan 6 LC

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Zaenal Abidin, menyatakan bahwa korban luka termasuk petugas Dinas Perhubungan Kota Tegal yang ikut dalam proses evakuasi. Zaenal juga menekankan bahwa korban tewas diduga karena sesak napas setelah menghirup karbon dioksida (CO2) dan tidak ada luka bakar pada tubuh mereka.

Penyebab kebakaran diduga kuat akibat korsleting listrik di bagian atap musala lantai tiga. Tim Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) dan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Tengah melakukan olah TKP untuk mengonfirmasi penyebabnya.

Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Jawa Tengah, AKBP Agus Endro Wibowo, menyebutkan bahwa meskipun api tidak menjalar, asap tebal yang dihasilkan cukup pekat dan sulit keluar karena bangunan minim ventilasi.

Polisi Polres Tegal masih terus melakukan pendalaman kasus ini, termasuk mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi yang masih trauma. Kapolres Tegal Kota, AKBP Rully Thomas, mengatakan bahwa penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan, dengan koordinasi yang erat bersama Laboratorium Forensik Polda Jateng.

Insiden kebakaran di tempat karaoke New Orange ini menyoroti pentingnya standar keamanan dan keselamatan di tempat hiburan malam

Baca Juga: Tempat Karaoke di Tegal Kebakaran, Tewaskan 6 LC