Tanggapan PSSI Soal Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Ketum PSSI Mochamad Iriawan memberikan tanggapan terkait Indonesia yang gagal menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Tanggapan PSSI Soal Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
Tanggapan PSSI soal Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Gambar : Dok. PSSI

BaperaNews - Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) memilih Qatar sebagai tuan rumah, menggantikan China yang sebelumnya mengundurkan diri. Pengumuman disampaikan di Malaysia pada Senin (17/10), dalam pengumuman tersebut hadir pula Ketum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil PSSI Iwan Budianto, dan Sekjen PSSI Yunus Nusi.

PSSI pun menyampaikan ucapan selamat kepada Qatar. Sejak awal mencalonkan diri, Indonesia memang tidak diutamakan, sebab bersaing dengan negara-negara yang lebih mapan seperti Qatar, Australia, dan Korea Selatan.

“Selamat untuk Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, Indonesia akan persiapkan tim sebaik mungkin” ujar Iriawan pada Senin (17/10). Pihak AFC juga mengucapkan terima kasih kepada Indonesia.

“Kita juga berterima kasih kepada PSSI dan Korea yang telah menyatakan keinginan untuk menjadi tuan rumah dalam turnamen” Ungkap AFC.

Jika dianalisis, PSSI memang dianggap kurang siap menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, sebab hingga hari pemilihan, PSSI tak juga membuat konsep video yang ditawarkan seperti ketika bidding Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga : Daftar 5 Negara Calon Tuan Rumah Piala Asia U-17 2023

Stadion yang diajukan PSSI juga relatif sama dengan yang digunakan untuk ajang Piala Dunia. Rencananya Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei – 11 Juni 2023 sedangkan Piala Asia 2023 pada Juni – Juli 2023.

Namun kemungkinan jadwal Piala Asia 2023 akan berubah, sebab di bulan Juni – Juli, Qatar biasanya sedang musim panas, cuaca sedang panas-panasnya, hal itu dikhawatirkan akan berpengaruh pada kesehatan pemain dan jalannya pertandingan.

Ada pilihan untuk menyelenggarakan pada akhir tahun atau awal tahun 2024 dengan tetap mempertimbangkan apakah sebagian pemain bisa dilepas oleh klubnya pada kejuaraan tersebut.

Gagal jadi tuan rumah Piala Asia 2023, Indonesia kini harus siap bertemu lawan-lawan tangguh di fase grup. Indonesia saat ini menjadi tim dengan peringkat terendah jika dibandingkan dengan kontestan lain di Piala Asia 2023 yakni ranking 152 FIFA.

Namun Indonesia punya peluang untuk memiliki pengalaman berbeda dan termotivasi untuk berlatih lebih baik sebelum bertemu dengan tim Negara dengan level sepakbola tinggi Asia seperti Korea Selatan, China, Qatar, dan Arab Saudi.

Piala Asia 2023 ialah ajang kelima bagi tim Indonesia, sebelumnya pada tahun 1996, 2000. 2004. Dan 2007 indonesia hanya sampai di fase grup. Harapannya, di ajang 2023 ini bisa masuk putaran final.

Baca Juga : TGIPF Temukan 8 Dosa PSSI Dalam Mengelola Sepakbola, Berikut Daftarnya!