Tangga Tambahan Akan Dibangun di Stasiun Manggarai, Kurangi Kepadatan Penumpang

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun tangga tambahan di stasiun Manggarai, guna mengurangi kepadatan penumpang.

Tangga Tambahan Akan Dibangun di Stasiun Manggarai, Kurangi Kepadatan Penumpang
Tangga Tambahan Akan Dibangun di Stasiun Manggarai. Gambar : Kompas.com/Dok. Isna Rifka Sri Rahayu

BaperaNews - Untuk dapat mengurangi kepadatan penumpang di stasiun Manggarai, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun tangga tambahan di ujung utara peron. 

Tangga tambahan di stasiun Manggarai tersebut akan menambah alternatif akses bagi para penumpang di stasiun Manggarai.

Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub, Risal Wasal menyampaikan, sebenarnya kepadatan penumpang di stasiun Manggarai disebabkan oleh pembangunan stasiun yang masih berlangsung, ia menilai apabila pengerjaan tersebut telah selesai maka kepadatan penumpang di stasiun Manggarai pun dapat terurai.

Dalam keterangan resminya Risal Wasal meminta maaf atas kendala yang dihadapi penumpang di Stasiun Manggarai, ia berjanji akan menyampaikan solusi untuk mengurangi penumpukan yang sering terjadi sesegera mungkin.

Selaras dengan pernyataan dari Risal Wasal, Harno Trimadi selaku Direktur Prasarana Perkeretaapian mengungkapkan,  kehadiran tangga tambahan di stasiun Manggarai diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang terjadi.

Harno Trimadi menyebut DJKA akan secara aktif merangkul komunitas pecinta kereta api guna menjaring masukan terkait pembangunan yang dilakukan di Stasiun Manggarai.

Baca Juga : Kemenhub Gelar Mudik Motor Gratis, Pemudik Cukup Bayar Rp 20 Ribu

Selain itu, Harno Trimadi juga telah melibatkan rekan-rekan penyandang disabilitas untuk bersama-sama mengevaluasi pembangunan Stasiun Manggarai sehingga stasiun tersebut dapat menjadi lebih inklusif serta nyaman digunakan oleh semua kalangan.

Mengenai kepadatan penumpang di stasiun Manggarai yang kerap kali dikeluhkan oleh masyarakat, Rode Paulus selaku Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta menyampaikan hal tersebut hanya terjadi pada jam-jam tertentu saja.

Rode Paulus menyebut jika dilihat secara langsung di lapangan, kepadatan penumpang di stasiun Manggarai itu tidak terjadi sebagaimana yang diberitakan di media sosial. Ia mengkonfirmasi bahwa memang betul peron menjadi padat saat kereta datang, namun akan segera terurai (tidak stuck). 

Sementara itu, ia pun terus menghimbau kepada seluruh masyarakat agar ikut serta mendukung dan juga menjaga fasilitas yang ada di stasiun Manggarai yang saat ini tengah dibangun.

Terakhir, ia mengajak kepada rekan-rekan sekalian untuk saling mengingatkan serta berhati-hati terutama ketika melangkah keluar kereta agar tak terjadi lagi penumpang yang terperosok ke dalam celah peron.

Baca Juga : Tiket KAI Lebaran 2023 Dijual Mulai 26 Februari, Simak Jadwal dan Aturannya!