APPBI: 5 Mall Baru Akan Berdiri di Bodetabek Pada Tahun Ini

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyebut pada tahun ini, lima mall baru akan berdiri di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek). 

APPBI: 5 Mall Baru Akan Berdiri di Bodetabek Pada Tahun Ini
5 Mall Baru Akan Berdiri di Bodetabek Pada Tahun Ini. Gambar : Unsplash.com/Dok. Zac Wolff

BaperaNews - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengumumkan, pada tahun ini akan ada 5 mall baru yang berdiri di daerah penyangga Jakarta yakni di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek). 

Alphonsus Widjaja selaku Ketua Umum APPBI menyebut beberapa pembangunan mall baru di Bodetabek ini berbentuk kerja sama.

kerja sama pembangunan mall baru di Bodetabek dilakukan antara pengembang seperti Sinarmas Land yang bekerja sama dengan Kawan Lama guna membangun pusat perbelanjaan di kota wisata Bogor. 

Selanjutnya, kerja sama dilakukan juga oleh Sinarmas Land dengan AEON untuk membangun pusat perbelanjaan di Deltamas, Bekasi. 

Alphonsus Widjaja menambahkan, Pakuwon juga tengah membangun mall di Bekasi, kemudian Bintaro sedang melakukan perluasan, oleh karena itu akan ada banyak pembangunan mall baru di Bodetabek, bukan di Jakarta.

Baca Juga : Jakarta Akan Punya 3 Mall Baru Tahun 2023

Selain itu, ia melanjutkan, saat ini memang ada pembangunan mall di Jakarta, namun tidak akan selesai dalam waktu dekat. Di sisi lain, ia menilai jika sudah tidak memungkinkan bagi pengusaha untuk membangun mall di Jakarta.

Sebagai informasi, biasanya pembangunan mall baru di Jakarta akan digabung dengan apartemen, hotel, perkantoran, dan lainnya atau berbentuk mixed-use. Hal tersebut biasa dikenal dengan sebutan superblok.

Alphonsus Widjaja menjelaskan, saat ini tanah di Jakarta sangat mahal, sehingga pembangunan mall baru lebih banyak dilakukan di Bodetabek, di daerah-daerah penyangga ibukota.

Selain itu, ia menilai pembangunan pusat perbelanjaan tersebut biasanya membutuhkan waktu rata-rata 2 sampai 4 tahun. Termasuk juga saat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia beberapa waktu lalu, pembangunan pusat perbelanjaan ini tak berhenti.

Terakhir, Alphonsus Widjaja menyampaikan saat ini ada sejumlah pusat perbelanjaan yang tengah dibangun dan kemungkinan target selesainya yaitu pada akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Baca Juga : Bea Cukai Buka Suara Soal Curhatan Netizen Dipajaki Gede Usai Belanja di Luar Negeri