Kamu Asam Urat ? Jangan Makan Ini Atau Kamu Lewat ...

Siapa yang menyangka bahwa makanan enak juga bisa menyebabkan penyakit asam urat, inilah makanan enak penyebab asam urat yang harus kalian hindari bila punya asam urat.

Kamu Asam Urat ? Jangan Makan Ini Atau Kamu Lewat ...
Makanan Penyebab Asam Urat yang Rasanya Enak Sekali. Gambar : Dok. freepik

BaperaNews - Tanpa kalian duga dan pahami, ternyata banyak makanan enak penyebab asam urat yang mungkin saja sering kalian konsumsi. Terlebih lagi jika kalian memang sudah beresiko terserang asam urat karena pola makan yang tidak sehat. 

Bila tak dihindari bagi kamu yang menderita asam urat, bahayanya bisa buat asam urat kamu kambuh. Apalagi kalo keseringan, bisa bikin kamu lewat...

Lantas apa saja makanan enak, yang menjadi penyebab utama munculnya asam urat?

1.Makanan dengan Bahan Dasar Kerang

Siapa sih yang tak suka kerang. Salah satu makanan olahan laut ini sangat digemari berbagai kalangan. Olahan kerang paling populer seperti kerang saus padang, kerang asam manis, dan kerang bakar. Namun siapa sangka, dibalik kenikmatan yang ditawarkan, ternyata kerang menjadi salah satu makanan yang menyebabkan asam urat.

Baca juga : Penderita Diabetes ? Nyemil Makanan Ini Cocok Buat Kamu!

Jika kalian memang gemar mengkonsumsi kerang, alangkah baiknya jika mulai sekarang mengurangi konsumsi olahan kerang. Kandungan purin di dalam kerang, diolah tubuh dan dipecah menjadi asam urat. Inilah yang menjadi pemicunya, semakin banyak konsumsi kerang, maka asam urat dalam tubuh akan mengalami peningkatan.

2.Makanan Olahan Ikan Teri

Ikan teri juga terkenal enak. Ikan teri goreng dimakan dengan nasi hangat saja nikmatnya bukan main. Apalagi jika diolah dengan berbagai bumbu pendamping seperti bawang putih, cabai hijau, tomat dan lainnya, tentu akan jauh lebih nikmat. Panganan sederhana ini ternyata juga menjadi salah satu penyebab meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Ikan teri kaya akan purin yang dipecah menjadi asam urat.

3.Makanan Olahan Berbahan Dasar Kalkun

Ayam kalkun juga mempunyai kandungan purin seperti kerang dan ikan teri. Padahal makanan olahan kalkun ini begitu lezat dan enak saat disantap. Cara mengakalinya adalah hanya mengurangi frekuensi konsumsinya saja kok untuk menurunkan kadar asam urat yang diproduksi oleh purin.

Baca juga : Jenis Makanan Ini Berbahaya Saat Dimakan Mentah, Apa Sajakah Itu?

4.Makanan Olahan dari Bahan Jeroan

Berbagai makanan olahan yang dibuat dari bahan jeroan ayam, sapi, kambing atau hewan lainnya, meningkatkan potensi terkena asam urat. Khususnya untuk berbagai daging yang berasal dari organ dalam, sebaiknya kalian mulai menguranginya 

Selain itu terdapat pula beberapa makanan enak, namun sangat efektif melindungi kalian dari resiko terserang asam urat. Misalnya saja seperti buah – buahan, susu rendah lemak, kopi dan karbohidrat yang mempunyai sifat kompleks.

Baca juga : Gangguan Pencernaan ? 5 Makanan Sehat Ini Bisa untuk Pencegahan

Mengetahui dengan bijak makanan yang menimbulkan resiko tinggi terhadap asam urat, tentu saja bisa kalian kurangi ataupun hindari. Tentu saja juga harus diimbangi dengan pola makan yang baik dan sehat.