Simak! Fakta - Fakta Penting Penyakit Cacar Monyet

WHO sebut kondisi darurat global berhubungan dengan kejadian luar biasa yang harus diwaspadai masyarakat, berikut fakta-fakta tentang penyakit cacar monyet.

Simak! Fakta - Fakta Penting Penyakit Cacar Monyet
Fakta - fakta penting dari penyakit cacar monyet. Gambar : freepik.com

BaperaNews - Organisasi kesehatan dunia WHO telah menyatakan wabah cacar monyet atau monkey pox sebagai Keadaan Darurat Kesehatan Global. Pernyataan tersebut dibuat untuk menggaris bawahi kekhawatiran tentang penyebaran infeksi virus cacar monyet tersebut yang terjadi secara cepat.

WHO menyebut kondisi darurat global berhubungan dengan kejadian luar biasa yang perlu diwaspadai oleh masyarakat di seluruh dunia.

Berikut Fakta - Fakta Tentang Penyakit Cacar Monyet :

  1. Gejala Cacar Monyet

Orang yang terpapar bisa mengalami beberapa atau semua gejala biasanya muncul 3 minggu setelah terpapar virus cacar monyet. Gejalanya ialah demam, sakit kepala parah, kekurangan energi, sakit punggung.

Gejala penyakit cacar monnyet selanjutnya setelah muncul satu sampai tiga hari demam yakni ruam di kulit terutama di wajah, telapak tangan, dan telapak kaki.

  1. Vaksinasi

Penelitian menunjukkan vaksin cacar monyet efektif untuk mencegah virus hingga 85%. Vaksin dilakukan dalam dua kali suntikan dengan jarak pemberian 4 minggu.

  1. Cara Pencegahan

WHO menyebutkan cara mencegah penyakit cacar monyet ialah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang faktor resikonya dan langkah apa yang harus diambil untuk menangani virus cacar monyet.

Yakni dengan menghindari siapapun yang punya ruam mirip cacar monyet, tidak menyentuh pasien, tidak berbagi peralatan apapun dengan pasien, rutin membersihkan tangan dengan sabun dan air.

Baca Juga : Sejarah Penyakit Cacar Monyet Dari Afrika Hingga Mendunia

  1. Yang Paling Beresiko Terpapar

Kebanyakan orang tidak beresiko cacar monyet, namun ada yang paling beresiko terpapar ialah mereka yang melakukan kontak langsung dari kulit ke kulit atau kontak seksual dengan pasien dengan cacar monyet.

Sebagian besar kasus terpaparnya penyakit cacar monyet terjadi pada kalangan gay, biseksual, atau laki-laki yang berhubungan badan dengan sesama jenis.

  1. Ditetapkan Sebagai Keadaan Darurat Global

Dirjen WHO, Tedros Adhanom menyampaikan lebih dari 16 ribu kasus penyakit cacar monyet telah terjadi di 75 negara seluruh dunia. Sebab itu WHO menyatakan kasus ini sebagai kondisi darurat global pada Sabtu (23/7).

Eropa menjadi pusat kasus virus cacar monyet dengan 80% kasus, jumlah kasus di Amerika Serikat juga meningkat pesat dengan lebih dari dua ribu kasus.

Cacar monyet hingga saat ini belum ditemukan di Indonesia, namun pemerintah memperketat jalur laut dan udara untuk mencegah tersebarnya virus cacar monyet ini. Jika mengalami gejala cacar monyet, segera periksa ke layanan kesehatan terdekat atau rumah sakit untuk mendapat deteksi dan penanganan dini pada penyakit cacar monyet.

Baca Juga : Cacar Monyet: Kemenkes Ungkap Gejala Dan Minta Masyarakat Lapor