Sederet Fakta Gempa Jayapura: Restoran Roboh ke Laut, 4 Orang Tewas

Gempa berkekuatan 5,4 magnitudo mengguncang wilayah Jayapura, Papua pada Kamis (9/2) pukul 13.28 WIT. Berikut informasi lengkap tentang fakta-fakta gempa Jayapura.

Sederet Fakta Gempa Jayapura: Restoran Roboh ke Laut, 4 Orang Tewas
Fakta-Fakta Gempa Jayapura. Gambar : Dok. Humas Polresta Jayapura Kota

BaperaNews - Terjadi gempa 5,4 magnitudo di Papua pada Kamis (9/2) pukul 13.28 WIT. BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika) melaporkan gempa di Papua terjadi di permukaan bumi atau bagian episentrum di darat sekitar 9 km barat daya Jayapura.

Kedalaman gempa Jayapura 10 km di bawah permukaan bumi. Guncangan gempa dirasakan pada skala MMI V di Kota Jayapura, skala III-IV di Kabupaten Keerom, dan skala III di kabupaten Jayapura. Gempa Jayapura tidak berpotensi tsunami.

Sebagai informasi, skala gempa Jayapura I artinya getaran tidak dirasakan, II artinya getaran dirasakan beberapa orang dan benda ringan bergoyang, III artinya getaran dirasakan secara nyata seperti ada truk lewat, IV artinya getaran dirasakan banyak orang hingga pintu dan jenderal pecah atau bergetar, serta V artinya gempa dirasakan semua orang dan banyak bangunan serta tiang bergoyang.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono menyebut gempa di Jayapura tersebut termasuk gempa dangkal yang terjadi karena sesar aktif yang menghasilkan geseran.

“Dengan memperhatikan lokasi kedalaman dan episentrumnya, gempa bumi yang terjadi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif” tutur Daryono.

Berikut ini ulasan lengkap tentang fakta-fakta gempa Jayapura yang dirangkum oleh Tim Redaksi Bapera News. 

Baca Juga : Terus Bertambah! Kini Jumlah Korban Gempa Turki Capai 21 Ribu Orang

Fakta-Fakta Gempa Jayapura : 

  • 4 Tewas 5 Luka

Gempa Jayapura mengakibatkan 4 orang tewas. 4 korban ditemukan di puing bangunan rumah makan yang roboh terkena guncangan. Rumah makan tersebut berada di atas air di kota Jayapura, sehingga evakuasi dilakukan oleh tim penyelam, selain itu juga ditemukan 5 korban luka.

4 warga yang tewas tersebut ketika kejadian sedang berada di rumah makan dari bangunan semi permanen, bangunan jatuh ke laut ketika terjadi gempa, membuat korban tidak sempat menyelamatkan diri. Ada 7 orang di rumah makan tersebut ketika kejadian yang semuanya ikut jatuh ke laut.

  • Pasien RSUD Diungsikan

Ketika gempa di Papua terjadi, RSUD Jayapura turut terkena guncangan, sejumlah pasien dan warga yang datang berobat panik, mereka berhamburan keluar rumah sakit. Sejumah pasien juga diungsikan ke halaman gedung.

“Keluar semuanya, pasien di di luar” tutur Kepala BPBD Jayapura Asep Khalid pada Kamis (9/2).

  • Sudah Ada 1.079 Gempa

Gempa di Jayapura ini bukanlah yang pertama kali, lebih dari 1.000 gempa telah mengguncang Jayapura sejak awal Januari 2023 hingga Kamis kemarin (9/2).

“Ini bukan satu-satunya, di Jayapura sudah ada 1.079 kali gempa yang 132 diantaranya dirasakan oleh masyarakat” jelas Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Baca Juga : Bayi Baru Lahir Selamat Tertimbun Puing Bangunan Usai Gempa Suriah