Presiden RI Jokowi: Tjahjo Kumolo Pulang Saat di Puncak Pengabdian

Presiden Joko Widodo ungkapkan rasa duka cita dan bela sungkawa yang teramat mendalam atas berpulangnya Tjahjo Kumolo sebagai Menpan RB.

Presiden RI Jokowi: Tjahjo Kumolo Pulang Saat di Puncak Pengabdian
Tjahjo Kumolo berpulang saat di puncak pengabdian. Gambar : Instagram/@jokowi

BaperaNews - Presiden Joko Widodo mengungkapkan rasa duka cita dan bela sungkawa yang teramat mendalam atas berpulangnya Tjahjo Kumolo Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Menurut keterangan yang diberikan oleh Presiden Jokowi lebih lanjut, Tjahjo Kumolo yang berkiprah sebagai politikus PDIP, berpulang saat berada di puncak pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berduka cita dan berbela sungkawa atas meninggal dunia Bapak Tjahjo Kumolo. Beliau adalah sosok politisi dan tokoh pemuda yang saat ini sedang pada posisi puncak pengabdiannya terhadap bangsa dan negara sebagai Menteri PANRB,” ungkap Presiden Jokowi pada akun Twitter pribadi miliknya (1/7). “Semoga Allah SWT senantiasa memberikan tempat terbaik dan segala amal ibadahnya bisa diterima,” lanjut Presiden Jokowi pada unggahannya di Twitter.

Tjahjo Kumolo sendiri berpulang pada pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakata Pusat. Saat ini, jenazah Tjahjo Kumolo tengah disemayamkan di lokasi rumah dinas Widya Chandra.

Selanjutnya, jenazah akan segera disholatkan yang rencananya akan dilakukan di masjid kompleks Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kemudian pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo akan dilakukan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Baca Juga : Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Di hari berpulangnya Bapak Tjahjo Kumolo, Presiden Jokowi tidak bisa hadir secara langsung karena sedang melakukan serangkaian agenda kerja kunjungan kenegaraan di Uni Emirat Arab (UEA).

Jokowi tiba di bandara Soekarno Hatta pada Sabtu (2/7) tepat pukul 06:25 WIB pagi beserta para rombongan yang mengikuti kunjungan Jokowi sejak kehadirannya di G7 Jerman, Ukraina, Rusia, dan UEA.

Sepulangnya di Jakarta, tanpa membutuhkan waktu lama, Jokowi dan Iriana tiba di rumah duka Menpan-RB Tjahjo Kumolo sekitar pukul 07:22 WIB Pagi. Hanya berselang satu jam setelah kedatangan Jokowi di bandara Soekarno Hatta.