Presiden Jokowi Memimpin Upacara Penghormatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Joko Widodo, bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin, memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata, Jakarta, pada Jumat, 10 November 2023.

Presiden Jokowi Memimpin Upacara Penghormatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata
Presiden Jokowi Memimpin Upacara Penghormatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata. Gambar: Tangkapan Layar Youtube/Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin, memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata, Jakarta, pada Jumat, 10 November 2023. Kedatangan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin ke lokasi upacara pada pukul 08.00 WIB menandai dimulainya rangkaian kegiatan upacara ziarah nasional yang diadakan setiap tahun untuk menghormati para pahlawan bangsa.

Komandan Upacara Kolonel Penerbang Puguh Yulianto melaporkan kepada Presiden Jokowi, yang bertindak sebagai inspektur upacara, sebelum prosesi penghormatan kepada arwah para pahlawan dimulai. Acara tersebut diisi dengan berbagai prosesi penting, termasuk mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Presiden Jokowi untuk mengenang jasa para pahlawan.

Baca Juga : Yuk Mengenang Jasa R.A Kartini, Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia

"Mengheningkan cipta dimulai," ucap Presiden Jokowi sebagai bagian dari upacara. Prosesi berlanjut dengan peletakan karangan bunga oleh Presiden, diikuti oleh pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Upacara ini diakhiri dengan penghormatan terakhir yang dipimpin oleh Komandan Upacara.

Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin kemudian melanjutkan kegiatan dengan melakukan tabur bunga, diikuti oleh para menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala lembaga tinggi negara, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan para kepala staf angkatan.

Sementara itu, di lingkungan lembaga kepresidenan, upacara peringatan Hari Pahlawan juga digelar di halaman Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), diikuti oleh pejabat dan pegawai dari berbagai lembaga, termasuk Kemensetneg, Sekretariat Kabinet (Setkab), BPIP, Kantor Staf Presiden (KSP), dan Sekretariat Wantimpres, dengan Sekretaris Wantimpres Agus Widodo sebagai inspektur upacara.

Upacara yang berlangsung di TMP Kalibata dan Kemensetneg tersebut tidak hanya merupakan bentuk penghormatan terhadap para pahlawan yang telah gugur, tetapi juga sebagai pengingat akan perjuangan mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini menegaskan komitmen dan penghormatan bangsa Indonesia kepada para pahlawan dan pejuang kemerdekaan yang telah berkorban demi bangsa dan negara.

Baca Juga : Jokowi Resmikan Bandara IKN Nusantara, Beroperasi Mulai Desember 2024