Polisi Larang Penggunaan Petasan Saat Nataru 2023

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo melarang gunakan petasan selama merayakan Nataru 2023.

Polisi Larang Penggunaan Petasan Saat Nataru 2023
Polisi larang penggunaan petasan saat Nataru 2023, Gambar : Antara/Wahyu Putro

BaperaNews - Dilarang menggunakan petasan selama merayakan Nataru 2023 (Natal dan Tahun Baru), aturan ini disampaikan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Masyarakat hanya boleh memakai kembang api dalam perayaan Nataru 2023.

“Bukan petasan ya, istilahnya kalau petasan tadi saya tanyakan ke Pak Kabid tidak diperbolehkan, tapi kalau bunga api itu boleh, semuanya tetap proses pengawasan” jelasnya pada Kamis (22/12).

Dedi Prasetyo menyebut untuk menggunakan kembang api pun harus ada ijin, demi menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat. Sehingga polisi beri larangan petasan saat Nataru 2023.

“Kalau bunga api diizinkan dan proses penggunaannya juga harus dengan ijin, nanti dari Direktorat Intelijen ya yang keluarkan ijinnya, penggunaan dari kembang api tersebut. Sebab ini berhubungan dengan keamanan dan keselamatan dari masyarakat” imbuhnya.

Dedi Prasetyo juga menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pawai atau aksi serupa yang mengganggu kenyamanan, ia berharap masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Nataru.

“Pawai atau konvoi tetap dihimbau, jika misalnya nanti mengganggu keselamatan atau kenyamanan pengguna jalan raya ya kalau bisa jangan dilakukan” pungkasnya.

Baca Juga : Asik! Pemprov DKI Jakarta Adakan Car Free Night Pada Malam Tahun Baru

Sedangkan untuk pengamanan selama Nataru 2023, Kapolri Jenderal Listyo Sigit menyatakan telah siapkan sejumlah langkah antisipasi untuk hindari kemacetan di tempat wisata, salah satunya mengatur parkir di tempat wisata tersebut.

“Untuk pengamanan di objek wisata, akses jalan ke tempat wisata jangan sampai terjadi kemacetan, jalur keluar masuk akan diatur, serta wisatawan dihimbau untuk tetap patuh pada protokol kesehatan. Khususnya di objek wisata alam, kami juga siagakan tim tanggap bencana untuk antisipasi adanya bencana alam” jelas Listyo Sigit pada Kamis 22/12.

Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 kali ini jatuh hanya di hari H, tidak ada cuti bersama, namun liburan bertepatan dengan liburan sekolah sehingga diperkirakan jumlah wisatawan dan mobilitas masyarakat akan tetap meningkat.

Listyo Sigit memastikan persone gabungan telah siap amankan Nataru 2023. “Hari ini kita juga pastikan seluruh stakeholder terkait siap, personel siap untuk mengamankan dan juga menjamin kesiapan sarana prasarana ataupun alutsista. Ini adalah personel gabungan, terbagi di pos pengamanan, di pos pelayanan, dan pos terpadu. Kita harapkan seluruh pos tersebut bisa memberi rasa aman dan nyaman” tutupnya.

Baca Juga : Syarat Naik Kereta Api Periode Natal dan Tahun Baru 2023