Perkembangan Sektor Kesehatan Indonesia, Fahd A Rafiq: Pembangunan RS Ini Menjadi Fasilitas Baru Di Kota Serang

Ketua Umum DPP Bapera Fahd A Rafiq menyampaikan pembangunan RSCA ini menjadi fasilitas baru dalam perkembangan sektor kesehatan Indonesia.

Perkembangan Sektor Kesehatan Indonesia, Fahd A Rafiq: Pembangunan RS Ini Menjadi Fasilitas Baru Di Kota Serang
Perkembangan Sektor Kesehatan Indonesia, Fahd A Rafiq: Pembangunan RS Ini Menjadi Fasilitas Baru Di Kota Serang. Gambar: Fahd A Rafiq. Doc: Istimewa

Bapera News - Pandemi Covid-19 telah menyoroti pentingnya kekuatan dan kemandirian dalam sektor kesehatan. Hal ini telah memicu negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, untuk memprioritaskan sektor kesehatan dengan meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana yang mumpuni.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menekankan pentingnya adanya rumah sakit yang jumlahnya mencukupi di setiap kota/kabupaten. Hal ini dapat membantu meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan di dalam negeri.

Selain itu, ketersediaan tempat tidur serta fasilitas lain seperti IGD, Ruang Isolasi, dan Ruang Perawatan Intensif, termasuk perawatan jantung dan kebidanan, juga perlu diperhatikan lebih lanjut.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan akan membantu warga serang untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang maksimal.

Baca Juga : Airlangga Hartarto dan Fahd A Rafiq Resmikan RS Citra Arafiq Serang, Mengubah Landscape Kesehatan di Banten

“Fasilitas yang kami miliki diharapkan dapat membantu warga Serang untuk memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik dan terjaga sehingga kota Serang tetap menjadi kota yang sehat.” Ujar Fahd A Rafiq, Rabu (10/1)

Pembukaan rumah sakit baru tidak hanya menjadi tambahan dukungan untuk fasilitas kesehatan yang sudah ada, namun juga memberikan kesempatan kerja yang lebih luas untuk masyarakat di sekitarnya.

Hal ini juga akan dapat memberikan multiplier effect yakni di antaranya penurunan tingkat pengangguran dan pergerakan sektor UMKM di sekitar rumah sakit, yang tentunya akan mendukung pertumbuhan ekonomi Kota Serang.

Menko Airlangga menegaskan bahwa pembukaan rumah sakit juga menjadi wujud nyata kepedulian untuk meningkatkan akses terhadap fasilitas kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat sekitar, dan dapat memberi manfaat untuk kehidupan masyarakat yang lebih sehat dan bersih.

Rumah Sakit Citra Arafiq Serang merupakan salah satu rumah sakit yang diresmikan pada awal 2024 ini. Keberadaan rumah sakit tersebut menambah jumlah yang sebelumnya 13 rumah sakit menjadi 14 rumah sakit yang ada di Kota Serang.

“Rumah Sakit Citra Arafiq Serang diharapkan dapat mengurangi beban rumah sakit lain dalam membantu kebutuhan layanan rujukan, karena rumah ini juga bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Rumah sakit yang berdiri di lahan seluas 9.500 m2 itu memang merupakan rumah sakit umum tipe C atau faskes tingkat dua yang berkapasitas 162 tempat tidur dengan program unggulan pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak.” Ujar Fahd A Rafiq, Rabu (10/1).

Menko Airlangga menegaskan bahwa kesehatan, pendidikan, dan ketersediaan pangan, merupakan langkah-langkah untuk mencerdaskan anak bangsa.

Banten sebagai lumbung pangan tentunya akan selalu kami jaga. Ayo kita fight stunting, fight untuk Indonesia, dan juga fight untuk biaya kesehatan terjangkau.

Termasuk dengan pembukaan cabang RS Citra Arafiq ke-4 ini, semoga akan menjadi salah satu dorongan menuju arah lebih baik dalam peningkatan akses layanan kesehatan Indonesia di masa depan.

Baca Juga : Fahd A Rafiq Memberikan Dukungan Program "Sports Go to School" untuk Pengembangan Atlet Golf

Penulis : AG