Diluar Dugaan, Pemusnahan Mercon Sitaan Merusak 35 Rumah Warga dan Sekolahan, Polres Bangkalan Siap Ganti Rugi

Kejadian di luar dugaan terjadi di Madura, pemusnahan sitaan bahan mercon merusak 35 rumah warga dan beberapa sekolah akibat ledakan yang begitu besar, polres siap ganti rugi!

Diluar Dugaan, Pemusnahan Mercon Sitaan Merusak 35 Rumah Warga dan Sekolahan, Polres Bangkalan Siap Ganti Rugi
Ilustrasi Ledakan. Gambar : unsplash.com/Dok. Luke Jernejcic

BaperaNews - Kejadian di luar dugaan terjadi di Madura. Kepolisian Madura menyita bahan mercon untuk memastikan puasa ramadhan berjalan aman, barang bukti bahan mercon yang disita kemudian dihancurkan oleh polisi di Lapangan Tembak Sekkep Bancaran Bangkalan Madura agar hilang dan tidak bisa dipakai, namun ternyata ledakan terjadi tidak terkendali, petasan yang dihancurkan meledak hebat hingga mengenai sejumlah rumah warga di sekitar lapangan dan sekolah, kejadian terjadi pada hari Sabtu 16 April 2022.

Kejadian tersebut terekam oleh kamera salah seorang warga dan viral di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun @bangkalan.ku, ketika pemusnahan mercon tersebut ternyata juga dihadiri oleh awak media dan disaksikan warga sekitar.

Bahan mercon yang disita ialah ribuan mercon roket dan 1 kwintal bahan pembuat ledakan mercon, sehingga meledak hebat ketika dihancurkan dan mengepulkan asap putih di sekitar lokasi, akibatnya, 35 rumah warga di sekitar lapangan rusak terkena petasan, ada juga sekolah yang kebetulan lokasinya dekat dengan lapangan tempat dihancurkannya mercon tersebut.

Baca Juga : Viral, Video Kereta Api Anjlok Di Tengah Perlintasan, Ini Kata PT KAI

“Bukan Cuma merasakan sekolah SMAN 4 yang hancur, kenapa ga belajar dari tahun lalu, kejadian ini kan juga pernah terjadi di lapangan pacuan kuda barat? Banyak ruangan rusak terutama di bagian depan sekolah, padahal sekolah kami baru saja dibangun untuk menyambut tahun ajaran baru dan sekarang rusak lagi” ujar salah seorang warganet yang jadi saksi dengan nama akun @nunung***.

Sementara itu, penanggung jawab dari kejadian tersebut, Kapolres Bangkalan, AKBP Alith Alarino, menyatakan pihak kepolisian akan sepenuhnya bertanggung jawab dan mengganti semua kerusakan yang ditimbulkan.

“Kami dari Polres Bangkalan akan bertanggung jawab sepenuhnya atas kejadian ini, kami akan memberi ganti rugi kepada tokoh setempat yakni ketua RT atau RW nya, kami akan mendata rumah warga yang terdampak, kalau sudah terdata bisa hubungi kami, nanti kami akan periksa dan pasti akan kami ganti rugi” ujarnya kepada awak media setelah kejadian.

Barang bukti mercon dan bahan petasan sebelumnya didapatkan polisi setelah melakukan penggerebekan pada hari Jumat 15 April 2022 di Desa Langkap, Bangkalan, Madura dimana ada salah satu rumah warga yang menyimpan banyak bahan mercon.

Baca Juga : Makna Penting Kapal Perang Rusia yang Hancur Diserang Ukraina