Pemprov DKI Gelontorkan Rp6,5 Miliar untuk Beli Moge Listrik Guna Patwal Pejabat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan pembelian sepeda motor listrik untuk kegiatan patroli dan pengawalan petugas Dishub. Baca selengkapnya di sini!

Pemprov DKI Gelontorkan Rp6,5 Miliar untuk Beli Moge Listrik Guna Patwal Pejabat
Pemprov DKI Gelontorkan Rp6,5 Miliar untuk Beli Moge Listrik Guna Patwal Pejabat. Gambar : Liputan6.com/ Ika Defianti

BaperaNews - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengambil langkah dalam menerapkan teknologi ramah lingkungan dengan membeli sepeda motor listrik baru untuk petugas patroli dan pengawalan (Patwal) dari Dinas Perhubungan (Dishub).

Anggaran yang telah disiapkan untuk pembelian kendaraan baru ini mencapai Rp6.354.750.000, sesuai informasi yang tercantum dalam laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (Sirup LKPP).

Menurut data yang tercatat dalam Sirup LKPP, penganggaran tersebut dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dengan nama paket Pengadaan Kendaraan Dinas Operasional Lapangan Khusus Sepeda Motor Listrik Pengawalan Pimpinan VVIP.

Rencananya, akan ada lima unit sepeda motor listrik yang akan dibeli dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun 2024. Meskipun begitu, spesifikasi dari kelima unit kendaraan motor listrik ini masih belum dijelaskan secara rinci.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, yang sebelumnya telah mengumumkan rencana penggantian motor gede (moge) petugas patwal dari bensin menjadi listrik, menjelaskan bahwa pengadaan moge bertenaga listrik akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Baca Juga: Cara Daftar Mudik Gratis Dishub Jabar 2024, Sediakan 3.000 Kursi!

Untuk tahap awal, akan disediakan 10 unit moge yang akan digunakan dalam kegiatan patroli dan pengawalan oleh petugas Dishub DKI Jakarta.

Syafrin Liputo menegaskan bahwa penggantian ini merupakan bagian dari transformasi kendaraan dinas operasional. Moge listrik ini khusus disiapkan untuk petugas saat melaksanakan pengawalan terhadap pejabat utama di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Meski belum merinci spesifikasi dan harga secara lengkap, Syafrin mengatakan bahwa moge listrik tersebut dirancang untuk pengawalan dan patroli, sehingga memiliki kecepatan maksimal yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Motor tersebut dipamerkan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, setelah pelaksanaan Upacara Hari Perhubungan Nasional 2023. Dengan bentuk yang menyerupai Motor LiveWire One yang dirilis pada tahun 2021, moge listrik tersebut tampak modern dan elegan.

Saat diuji oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono, moge listrik ini terbukti memiliki performa yang halus dan tanpa suara mesin yang mengganggu.

Baca Juga: Rute TransJakarta Pondok Cabe - Lebak Bulus Tertunda, Dishub: Perizinan Masih Proses