Sutradara Game The Last of Us Pertama Tak Dicantumkan di Credit Serial HBO

Sutradara game The Last of Us pertama yakni Bruce Straley mengaku namanya tidak dicantumkan di credit akhir serial HBO, padahal ia menjadi sosok penting dalam game tersebut.

Sutradara Game The Last of Us Pertama Tak Dicantumkan di Credit Serial HBO
Sutradara game the last of us pertama tak dicantumkan di credit serial hbo. Gambar : dok. The Last Of Us

BaperaNews - The Last of Us ialah serial adaptasi HBO yang ditayangkan beberapa hari silam, serial tersebut mendapat respon baik meski sempat dikritik tentang pemilihan artis dan aktornya.

Sutradara Neil Druckmann terlibat dalam serial kreasi tersebut, namun sutradara game yang pertama Bruce Straley mengaku tidak ada namanya di credit akhir serial HBO.

Bruce Straley menyampaikannya ketika wawancara bersama Los Angeles Time, Bruce awalnya ditanya, apa ia terlibat pada kreasi serial HBO The Last of Us tersebut, ia menjawab tidak sama sekali, meski ia yang jadi sosok yang berperan penting di balik World Building game adaptasi pertama, namun namanya sama sekali tidak tercantum.

Hal ini kemudian mengundang perhatian para serikat pekerja industri game, meski tidak terlibat di franchise tersebut, dinilai wajar jika kreator seharusnya disebutkan namanya ketika setiap diadaptasi.

“Ini jadi argument bagi serikat pekerja dimana seseorang yang jadi bagian dari kreasi tidak mendapat pujian atau sepeserpun untuk karya mereka, mungkin ini bentuk agar industri video game melindungi kreator” tutur Bruce Straley.

Baca Juga : Studio Ghibli Siap Rilis Film Baru Juli 2023

Bruce Straley sebelumnya menjadi co-creator The Last of Us yang pertama bersama dengan Neil Druckmann, ia juga jadi sosok di balik Uncharted 4 : Thief’s The End sebelum mulai dikembangkan game tahun 2013 yang saat itu dipadukan gameplay Ico dengan Zombie Night of the Living Dead.

Sutradara game The Last of Us pertama, Bruce Straley kemudian meninggalkan Naughty Dog tahun 2016, usai pengembangan Uncharted 4 selesai, ia membangun studio sendiri yang diberi nama Wildflower Interactive dan saat ini baru mengerjakan game perdana.

Bruce Straley mendukung serikat pekerja game yang menolak adanya budaya jam kerja panjang dan lembur ekstrim, ia berharap karyawan bisa memiliki kondisi kerja yang positif. Lelaki berumur 45 tahun tersebut juga pernah mendapat berbagai penghargaan seperti Video Game BAFTA untuk Story.

Bruce Straley begitu dikenal di Amerika Serikat sebagai seorang artis, game, desainer, dan direktur studio. Karyanya yang terkenal ialah video game Naughty Dog dan video game The Last of Us serta Uncharted 4 :Thief’s The End. Namun kini ketika muncul The Last of Us terbaru, namanya sama sekali tidak ada pada credit akhir serial HBO The Last of Us, padahal ia sosok penting di baliknya.

Baca Juga : Prekuel 'Winnie the Pooh' Dikembangkan Oleh Alumni DreamWorks