Part 1: Fahd A Rafiq Ungkap yang Dilakukan Orang Sukses pada Saat Weekend

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq ungkap apa yang dilakukan orang sukses pada saat Weekend dan berikan tujuan dari Sunday Habits.

Part 1: Fahd A Rafiq Ungkap yang Dilakukan Orang Sukses pada Saat Weekend
Fahd A Rafiq ungkap kebiasaan orang sukses yang dilakukan pada saat Weekend. Gambar : Unsplash.com/Dok. Guille Álvarez

BaperaNews - Orang sukses di dunia merupakan orang yang super produktif tiap harinya, yakni Steve Jobs, Bill Gates hingga Oprah Winfrey. Kita semua pasti penasaran apa aktivitas mereka saat di hari Weekend (Akhir pekan).

Menurut Stephanie Booth, Sunday Habits (Kebiasaan di hari Minggu) adalah kebiasaan yang pintar dan sehat yang kita lakukan saat akhir pekan

Fahd A Rafiq mengatakan, “Tujuan Sunday Habits adalah menyiapkan energi, semangat dan punya motivasi buat menyiapkan hari kerja. Pada Definisi yang lain Sunday Habits adalah rutinitas yang kita lakukan saat Weekend yang ternyata dinilai bisa mengubah mindset dan cara kerja kita saat Weekdays menjadi lebih baik” ujarnya.

"Weekend beneran liburan dan itu ternyata tidak melulu soal rebahan. Jadi mayoritas orang di dunia ini memiliki Sunday Habits yang sehat dan baik. Jadi, orang yang hari ini sukses bisa menginvestasikan waktu dengan baik termasuk waktu Weekend" sambungnya.

Baca Juga : Fahd A Rafiq: Berikan Challenge Untuk Hidup Agar Selalu Sehat

Diketahui, ada 3 alasan mengapa hal ini penting kita bahas yang pertama adalah phobia hari Senin. Banyak orang yang mager/malas, gak mood untuk menyambut hari Senin. Biasanya alasannya ialah kita semua tidak siap buat kerja produktif atau belajar lagi, merasa liburannya kurang cukup dan sejenisnya. 

Jadi, mengapa Sunday Habits itu penting karena kita jadi siap secara fisik, mental maupun emosional buat balik dan menghadapi hari Senin. 

Dilihat dari logika, kalau kita mengisi waktu liburan dengan rebahan atau tiduran saja maka secara otomatis kita memutus habits produktif yang biasanya kita lakukan saat Weekdays (Hari kerja). Maka saat habits (Kebiasaan) itu terputus meski hanya 1 atau 2 hari dampaknya bisa luar biasa dalam aktivitas kita di kemudian hari. 

“Contoh gampangnya kita rasanya malas banget buat memulai hari Senin dan dengan hal produktif atau aktivitas dan rutinitas kita yang biasa. Mengapa? Karena kita butuh Sunday Habits yang positif, produktif untuk tetap keep on the track, layaknya yang dilakukan oleh orang orang sukses. Sehingga produktivitas kita akan terus menempel pada kebiasaan, baik di Weekend maupun di Weekdays. Hanya bedanya apa yang kita lakukan saat Weekend gak perlu sebesar  apa yang kita lakukan saat Weekdays” tutup Fahd A Rafiq. 

Penulis : Ahmad Sofyan (Bapera Pusat)