Earth Festival 2023, Fahd A Rafiq: Memperingati Kecintaan pada Bumi dan Budaya Berkelanjutan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengakui Earth Festival 2023 sebagai langkah penting dalam memajukan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

Earth Festival 2023, Fahd A Rafiq: Memperingati Kecintaan pada Bumi dan Budaya Berkelanjutan
Earth Festival 2023, Fahd A Rafiq: Memperingati Kecintaan pada Bumi dan Budaya Berkelanjutan. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Earth Festival 2023, yang akan diselenggarakan di Central Park Mall, Jakarta, pada tanggal 20-22 Oktober, telah diakui oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai inisiatif penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat dan menjaga lingkungan demi keberlanjutan budaya dan alam.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam The Weekly Brief menjelaskan bahwa Earth Festival 2023 mengangkat tema "Culture of Humanity: Honoring the Earth and Respecting All Beings." Tema ini selaras dengan upaya Kemenparekraf dalam mendorong pengembangan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan di Indonesia dengan fokus pada kepentingan masyarakat dan lingkungan.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, menyampaikan bahwa Earth Festival ini diharapkan menjadi salah satu dorongan untuk menciptakan rasa peduli serta cinta terhadap bumi.

“Harapannya dengan adanya Earth Festival 2023 ini membuat masyarakat dapat terciptanya rasa peduli serta cinta terhadap bumi yang ditinggali ini serta juga memulai peduli akan lingkungan sekitarnya.” Ujar Fahd A Rafiq, Jumat (20/10).

Ketua Earth Festival, Vincent Tenggara, menjelaskan bahwa Earth Festival adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh International Loving Association (INLA) sejak 2017.

Salah satu cara untuk menunjukkan kasih sayang terhadap lingkungan dalam Earth Festival adalah dengan menyajikan produk-produk vegan atau gaya hidup vegetarian. INLA melibatkan 62 UMKM dengan konsep Ekonomi Hijau, yang menerapkan prinsip "go green."

Acara ini juga menampilkan pameran seni dengan nama 'Eartharium,' yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang cinta alam dan lingkungan. Talkshow menarik juga akan dihadirkan dengan berbagai bintang tamu, termasuk Melody eks JKT48. Ada pula demo dan kompetisi memasak bersama Chef Willgoz atau William Gozali, yang bertujuan untuk mempromosikan warisan kuliner Indonesia dan citarasa sehat kepada dunia internasional.

Yang menarik dalam Earth Festival 2023 adalah demonstrasi mengenai pengelolaan limbah produk yang dapat diubah menjadi barang yang bermanfaat dan menarik.

“Rangkaian acara yang akan dijalankan di Earth Festival ini sangat menarik bagi masyarakat, terlebih para pemuda pemudi di Indonesia yang dimana akan menjadi agen agen perubahan, dengan mereka mengerti bagaimana cara mengelola limbah maka kesehatan lingkungan akan sangat terjaga.” Ujar Fahd A Rafiq, Jumat (20/10).

Tentu saja, Earth Festival tidak akan lengkap tanpa flashmob yang telah menjadi ciri khasnya. Flashmob kali ini terinspirasi oleh keindahan alam Indonesia dan diikuti oleh 700 sukarelawan. Ini akan menjadi rekor MURI sebagai tarian alam terbesar yang pernah diadakan di Indonesia.

Penulis : Ahmad G