Pameran Indonesia Expo 2023 di Manila, Fahd A Rafiq: Membuka Peluang Kerjasama Perdagangan Negara

Indonesia Expo 2023 telah resmi dibuka di Music Hall SM Mall of Asia, Filipina, dengan dukungan dari pemerintah, perusahaan swasta, dan BUMN Indonesia.

Pameran Indonesia Expo 2023 di Manila, Fahd A Rafiq: Membuka Peluang Kerjasama Perdagangan Negara
Pameran Indonesia Expo 2023 di Manila, Fahd A Rafiq: Membuka Peluang Kerjasama Perdagangan Negara. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Pameran Indonesia Expo 2023 resmi dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina, Agus Widjojo, pada Jumat (18/8). Acara pameran yang bertema "Sustainable Trade for Philippines - Indonesia Economic Resilience" ini akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 21 Agustus 2023 di Music Hall SM Mall of Asia.

Lebih dari 40 stan dipamerkan oleh UKM, perusahaan swasta, BUMN Indonesia, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dengan dukungan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan SM Mall of Asia. Dalam sambutannya, Duta Besar Agus Widjojo mengungkapkan bahwa tujuan utama pameran ini adalah untuk memperkenalkan produk Indonesia kepada pasar Filipina. "Indonesia memiliki kekayaan budaya dan ekonomi yang berkembang, dan kami percaya bahwa produk kami memiliki potensi besar untuk ditawarkan kepada konsumen Filipina," ujar Dubes Agus.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, bicara bahwa Pameran Indonesia Expo 2023 di Manila, Filipina adalah pameran yang memamerkan produk-produk Indonesia kepada pasar Filipina, langkah tersebut Pemerintah juga menekankan bahwa produk Indonesia dapat memiliki potensi besar yang ditawarkan kepada konsumen negara Filipina.

“Telah diselenggarakan Pameran Indonesia Expo 2023 di Filipina, Indonesia Expo 2023 menampilkan beragam produk unggulan Indonesia di berbagai sektor, langkah ini menjadikan produk Indonesia membuka peluang agar dapat terima di Filipina, dan juga dapat bekerja sama perdagangan kedua negara.” Ujar Fahd A Rafiq (21/8).

Indonesia Expo 2023 menampilkan beragam produk unggulan Indonesia di berbagai sektor, termasuk suku cadang kendaraan, kesehatan dan kecantikan, e-scooter, fesyen, obat herbal, furniture, perlengkapan rumah tangga, industri pertahanan, kopi, alat pertanian, dan makanan serta minuman. Selain produk-produk tersebut, layanan terbaik Indonesia di bidang pariwisata, konstruksi, dan teknik juga dipromosikan dalam pameran ini. Pemerintah Provinsi Jawa Barat turut berpartisipasi dengan memamerkan produk unggulan daerah seperti sepatu, kopi, fesyen, dan seni budaya.

Fahd A Rafiq juga menambahkan, “Gelaran Pameran Indonesia Expo 2023 ini semoga menjadi wadah, agar produk asli Indonesia dapat diterima di negara lain, dan upaya tersebut agar potensi perdagangan produk Indonesia di pasar Internasional dapat bersaing, serta langkah penting untuk memperkuat hubungan perdagangan bilateral kedua negara tersebut.” Tutupnya

Pameran Indonesia Expo 2023 dibuka dengan pemukulan Gamelan Kenong oleh tamu VIP. Acara pembukaan dimeriahkan dengan pertunjukan budaya Indonesia seperti Genjring Party Dance dari Tim Kesenian Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Tari Zapin Al-Dunya oleh staf dan mahasiswa magang KBRI Manila. Sebagai bentuk kepedulian, donasi berupa Tisu Paseo MediShield Hand Sanitizing sebanyak 300 boks diserahkan oleh APP Sinar Mas kepada perwakilan Kota Pasay City, yang akan didistribusikan ke pusat-pusat kesehatan di wilayah tersebut.

Partisipasi perusahaan BUMN dalam pameran ini juga menjadi sorotan, dengan beberapa perusahaan BUMN yang telah aktif di Filipina, seperti PT. ADHI KARYA, PT. PP, PT. PAL, PT. PLN Nusantara Power, dan PT. Dirgantara Indonesia. Kehadiran mereka merupakan wujud kontribusi dalam sektor infrastruktur dan pertahanan di Filipina.

Pembukaan Indonesia Expo 2023 dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Duta Besar negara anggota ASEAN, Wakil Dubes Timor Leste di Filipina, perwakilan Departemen Perdagangan Filipina, perwakilan Walikota Pasay City, dan berbagai perwakilan peserta pameran. Pameran ini diharapkan dapat memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Filipina serta membawa manfaat yang positif bagi kedua negara. 

Penulis : FNID