Operasi Zebra Jaya 2023: Polisi Ingatkan Pemobil Pakai Seat Bealt

Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2023 dengan fokus pada pelanggaran penggunaan sabuk keselamatan. Simak selengkapnya di sini.

Operasi Zebra Jaya 2023: Polisi Ingatkan Pemobil Pakai Seat Bealt
Operasi Zebra Jaya 2023: Polisi Ingatkan Pemobil Pakai Seat Bealt. Gambar : Kompas.com/Dok. Daafa Alhaqqy

BaperaNews - Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2023 di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (21/9). Sasaran utama operasi ini adalah pelanggaran penggunaan sabuk keselamatan roda empat. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, menegaskan pentingnya disiplin berkendara demi menurunkan angka kecelakaan.

Gerbang Tol Cililitan dipilih sebagai lokasi sosialisasi karena memiliki volume kendaraan tertinggi yang masuk ke Jakarta. Selain itu, Latif Usman mengungkapkan bahwa sepanjang hari ke-3 operasi zebra 2023, tercatat setidaknya 360 pelanggar yang terjaring kamera ETLE.

Mayoritas pelanggaran adalah terkait penggunaan seat belt, penggunaan telepon genggam, dan aturan ganjil genap.

"Gerbang Tol Cililitan menjadi titik krusial karena banyaknya aktivitas masyarakat yang bekerja di Jakarta dari arah Jagorawi Bogor," ujar Latif saat diwawancara.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, menambahkan bahwa dari data pelanggaran yang telah diterima, sebanyak 293 ditilang menggunakan sistem e-TLE statis dan 48 lainnya dengan e-TLE mobile. Tak hanya soal sabuk keselamatan, namun juga tercatat pelanggaran lain seperti marka jalan dan batas kecepatan.

Baca Juga: Operasi Zebra Jaya 2023: Tilang Manual dan Elektronik

Operasi zebra ini bukanlah tanpa alasan. Tujuan utama operasi zebra jaya 2023 adalah menciptakan situasi lalu lintas yang aman, menurunkan angka kecelakaan, serta memastikan keamanan, keselamatan, dan ketertiban lalu lintas di wilayah Jakarta.

Untuk memberi tekanan kepada masyarakat agar patuh pada tata tertib lalu lintas, Ditlantas Polda Metro Jaya telah memberikan sanksi tilang kepada 341 pengendara dalam dua hari pertama operasi zebra jakarta. Ini menjadi bukti keseriusan aparat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Pelanggaran-pelanggaran yang disasar selama operasi zebra ini antara lain meliputi pelanggaran penggunaan HP saat berkendara, tidak menggunakan helm SNI, serta pelanggaran lainnya seperti kendaraan yang melawan arus atau berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Masyarakat diharapkan untuk selalu mematuhi tata tertib lalu lintas. Dengan kepatuhan itu, kita bisa bersama-sama menciptakan keamanan dan ketertiban di jalan raya, sekaligus mengurangi angka kecelakaan.

Sebagai masyarakat, mari kita dukung upaya Polda Metro Jaya dalam operasi zebra jaya 2023 ini. Ingatlah selalu untuk menggunakan sabuk keselamatan, tidak menggunakan HP saat berkendara, dan patuhi selalu tata tertib lalu lintas.

Selalu utamakan keselamatan saat berkendara dan jadilah bagian dari solusi, bukan masalah.

Baca Juga: Hari Ini, Polda Metro Jaya Mulai Gelar Operasi Zebra Jaya 2023