Operasi Zebra Jaya 2023: Tilang Manual dan Elektronik

Polda Metro Jaya memulai Operasi Zebra Jaya 2023 untuk meningkatkan kepatuhan pengendara terhadap peraturan lalu lintas.

Operasi Zebra Jaya 2023: Tilang Manual dan Elektronik
Operasi Zebra Jaya 2023: Tilang Manual dan Elektronik. Gambar : Kompas.com/Dok. Muhammad Isa Bustomi

BaperaNews - Polda Metro Jaya telah memulai Operasi Zebra Jaya 2023 dengan penerapan tilang secara manual dan elektronik melalui kamera ETLE, mulai Senin (18/9) hingga 1 Oktober.

Operasi ini dijalankan selama dua pekan dengan tujuan meningkatkan kepatuhan pengendara terhadap peraturan lalu lintas.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, menyampaikan bahwa operasi zebra ini dilakukan dengan dua metode; stasioner mobile dan elektronik.

"Secara stasioner mobile, kita juga menggunakan yang secara manual maupun elektronik yaitu statis maupun mobile kita lakukan," ungkap Latif Usman.

Operasi ini seharusnya dilaksanakan lebih awal pada bulan September, namun mengalami penundaan. Alasan penundaannya adalah pelaksanaan Operasi Brata Jaya oleh Polda Metro Jaya yang bertujuan untuk pengamanan KTT ASEAN yang berlangsung pada periode yang sama.

Operasi Zebra Jaya 2023 menargetkan 15 jenis pelanggaran. Diantaranya adalah pengendara yang melawan arus, pengendara di bawah pengaruh alkohol, penggunaan handphone saat berkendara, pemotor yang tidak menggunakan helm SNI, hingga pengemudi yang tidak memiliki SIM. 

Baca Juga : Catat! Ini 15 Jenis Pelanggaran yang Jadi Sasaran Operasi Zebra Jaya 2023

Selain itu, ada juga penertiban kendaraan roda empat yang menggunakan pelat nomor rahasia dan penertiban parkir liar. Tujuan utama operasi ini adalah memastikan keselamatan para pengendara di jalan raya dan mengurangi angka pelanggaran.

"Tentunya kami ada personel untuk mendampingi mereka yg mengawasi mereka yaitu dari Propam Polda kita turunkan untuk ikut mengawasi," tambah Latif.

Masyarakat juga dihimbau untuk turut serta dalam pengawasan. Hal ini bertujuan untuk mencegah tindakan-tindakan yang tidak sesuai dari personel.

"Silakan masyarakat untuk bisa bekerja sama yaitu dalam pengawasan kegiatan yang dilakukan anggota kita, kita sangat terbuka," jelas Kombes Latif Usman.

Untuk memastikan keberhasilan operasi ini, Ditlantas Polda Metro Jaya juga melibatkan anggota Bid Propam Polda Metro Jaya. Mereka diterjunkan untuk mengawasi kinerja anggota lalu lintas yang bertugas selama operasi berlangsung.

Operasi Zebra Jaya 2023 ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas, serta mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran yang sering terjadi di jalan raya. 

Baca Juga : Hari Ini, Polda Metro Jaya Mulai Gelar Operasi Zebra Jaya 2023