Operasi Pasar Minyak Goreng Murah Digelar, Ridwan Kamil: Demi Ibu-Ibu Agar Tidak Marah

Operasi pasar minyak goreng murah sudah digelar di Kecamatan Bekasi pada Selasa (11/1/22), Ridwan Kamil melakukan hal itu demi ibu-ibu agar tidak marah karena harga minyak yang terus naik.

Operasi Pasar Minyak Goreng Murah Digelar, Ridwan Kamil: Demi Ibu-Ibu Agar Tidak Marah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gambar : Dok.Humas Pemprov Jabar

BaperaNews - Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat meninjau pelaksanaan operasi pasar terkait minyak goreng murah di Bekasi tepatnya di Kecamatan Bekasi Selatan Selasa 11/1/2022. Ridwan Kamil berharap, minyak goreng murah ini bisa membuat ibu rumah tangga terbantu dan tidak marah-marah lagi karena harga minyak goreng yang memang sedang naik saat ini.

“Harapannya ibu-ibu bisa terbantu, tidak marah lagi karena memang saat ini kan harga minyak goreng melonjak sampai Rp 40.000 per dua liter, bikin repot urusan dapur” ungkap Ridwan Kamil saat ditemui para wartawan.

Dalam operasi pasar tersebut, minyak goreng dijual seharga Rp 14.000 per liter dan Rp 28.000 per 2 liter yang tentu beda jauh dengan harga pasaran saat ini. Ridwan Kamil juga berharap pemerintah bisa segera mungkin mengendalikan harga minyak goreng tidak hanya untuk sementara tapi untuk jangka panjang.

Salah satu warga yang mengantri mengaku senang bisa mendapatkan minyak goreng murah walaupun harus antri panjang, “Ya ini demi bisa dapat minyak goreng murah, beda Rp 6.000 itu lumayan banget buat keluarga saya, jarang bisa dapet beginian, belum tentu kalau ada lagi nanti saya bisa dapat antrian” ujar Novi (28 th) ibu satu anak.

Baca Juga : Pemerintah Sebar Minyak Goreng Rp 14 ribu Per Liter Sampai Juni 2022

Pemerintah saat ini memang sedang menggelar program minyak goreng murah Rp 14.000 per liter yang penjualannya akan diawasi sebab minyak goreng ini diutamakan untuk masyarakat miskin, bukan untuk masyarakat menengah ke atas.

50 ribu liter lebih minyak goreng murah diedarkan pemerintah dengan pengawasan di beberapa daerah, sebagian besar dilakukan di pasar yakni pasar rakyat yang biasa dipakai pemerintah untuk memantau harga sembako. Satu warga pun hanya boleh membeli maksimal 2 liter agar bisa menjangkau banyak warga.

Selain di Bekasi, operasi minyak goreng murah di hari Selasa 11/1/2022 juga nampak di Tangerang Selatan yang antriannya sangat panjang. Terlihat barisan dibagi 3, satu masyarakat umum, satu khusus lansia dan ibu hamil, satu baris lagi untuk ibu yang membawa anak. Nampak banyak ibu yang membawa anaknya bahkan membawa bayi dan mereka antri dari pagi.

Dari semua operasi pasar minyak goreng yang dilakukan, hampir semuanya ramai oleh desakan warga, antri dilakukan sejak pagi ribuan liter minyak goreng habis hanya dalam waktu 2 jam saja.