Mulai Mei 2024, Stanford University Bakal Dibangun di IKN

Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi rumah bagi Stanford University mulai Mei 2024, menjanjikan inovasi dan kolaborasi pendidikan. Simak Selengkapnya!

Mulai Mei 2024, Stanford University Bakal Dibangun di IKN
Mulai Mei 2024, Stanford University Bakal Dibangun di IKN. Gambar : Dok. Kemenparekraf

BaperaNews - Mulai Mei 2024, tonggak sejarah akan terjadi di Indonesia dengan pembangunan kampus Stanford University di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Pemerintah melalui Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) telah memastikan kerja sama penting ini. Informasi ini disampaikan oleh Kepala OIKN, Bambang Susantono, dalam pernyataannya pada Jumat (8/3).

Menyusul adanya kampus Stanford University di IKN ini, semakin nyata bahwa IKN akan menjadi pusat pendidikan tinggi global. 

Langkah Stanford University untuk membangun kampus riset di IKN menandai investasi serius dalam ekosistem pendidikan abad ke-21. 

Keberadaan universitas-universitas terkemuka dunia seperti Stanford di IKN menegaskan reputasi IKN sebagai pusat inovasi dan pengetahuan yang mendunia.

Pendekatan yang diambil oleh IKN dalam pembangunan kampus Stanford dan universitas-universitas lainnya mencerminkan visi masa depan yang ambisius. 

Fokus pada pendidikan kejuruan dan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) sejalan dengan kebutuhan akan talenta di era ekonomi baru. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan ketersediaan tenaga kerja berkualitas, tetapi juga akan menjadi magnet bagi masyarakat lokal maupun asing untuk berpindah ke IKN.

Keberadaan universitas terkemuka seperti Stanford di IKN juga akan memperkuat jejaring internasional kawasan ini. 

Baca Juga : Mobil Dinas Dibatasi, Pejabat Naik Transportasi Publik atau Sepeda di IKN

Para peneliti, akademisi, dan mahasiswa dari berbagai belahan dunia akan saling berkolaborasi di lingkungan pendidikan yang terbuka dan inovatif. 

Hal tersebut juga sesuai dengan prinsip-prinsip Pendidikan Abad ke-21 yang menekankan pada keterampilan kritis, kreativitas, dan kolaborasi.

Peran IKN sebagai "Living Lab" untuk berbagai konsep perencanaan kota dan wilayah akan semakin diperkuat dengan kehadiran universitas terkemuka dunia. 

Riset dan pengembangan di bidang nature-based solution, ITS (Intelligent Transportation Systems), serta kota ramah anak dan gender akan mendapat dorongan signifikan dengan adanya kerja sama antara Stanford University dan IKN.

Kedatangan Stanford University dan universitas-universitas lainnya ke IKN juga mendapat dukungan luas dari berbagai pihak, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Langkah ini menegaskan bahwa IKN tidak hanya menjadi pusat pendidikan dan inovasi regional, tetapi juga menarik perhatian dunia internasional.

Langkah berani Pemerintah Indonesia untuk menjadikan IKN sebagai pusat pendidikan tinggi global adalah bagian dari visi jangka panjang untuk memperkuat ekonomi dan inovasi. 

Dengan membangun ekosistem pendidikan yang inklusif dan berkualitas, IKN berpotensi menjadi magnet bagi bakat dan investasi, mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Baca Juga : Seleksi ASN yang Bakal Dipindahkan ke IKN Diperketat