Modifikasi Gerbong Ekonomi Oleh PT KAI, Fahd A Rafiq: Modifikasi Ini Diharapkan Memberikan Kenyamanan Lebih Bagi Pengguna Kereta Api

PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkomitmen meningkatkan kenyamanan penumpang dengan mengubah interior gerbong kereta ekonomi.

Modifikasi Gerbong Ekonomi Oleh PT KAI, Fahd A Rafiq: Modifikasi Ini Diharapkan Memberikan Kenyamanan Lebih Bagi Pengguna Kereta Api
Modifikasi Gerbong Ekonomi Oleh PT KAI, Fahd A Rafiq: Modifikasi Ini Diharapkan Memberikan Kenyamanan Lebih Bagi Pengguna Kereta Api. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus berupaya meningkatkan kenyamanan penumpangnya dengan melakukan modifikasi pada gerbong kereta kelas ekonomi. Menurut Public Relations KAI, modifikasi ini adalah bagian dari program peningkatan pelayanan di kelas ekonomi.

Gerbong ekonomi telah mengalami perubahan interior yang signifikan di Balai Yasa Manggarai. Pada tahap awal, 4 gerbong ekonomi sudah berhasil dimodifikasi. Salah satu perubahan yang mencolok adalah pengurangan kapasitas tempat duduk dari 80 menjadi 72 kursi per gerbong. Ini memberikan kesan lebih luas dan nyaman bagi penumpang.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, menanggapi terkait modifikasi yang dilakukan pada unit gerbong ekonomi.

“Peningkatan ini sangat berguna bagi kenyamanan para pengguna kereta untuk jarak jauh. Peningkatan ini diharapkan untuk nantinya banyak yang beralih menggunakan transportasi umum guna berkontribusi untuk mengurangi polusi” Ujar Fahd A Rafiq, Senin (2/10).

Joni menjelaskan bahwa kursi-kursi baru ini memiliki keunggulan lain, yaitu dapat disandarkan (reclining) dan diputar (revolving), mirip dengan kursi pada gerbong eksekutif. Selain itu, Public Information Display System (PIDS) telah ditambahkan di dalam gerbong untuk menampilkan jam dan suhu, meningkatkan kenyamanan penumpang.

Interior gerbong juga mengalami perubahan signifikan, menyerupai kereta eksekutif dengan bentuk bagasi yang lebih modern dan nuansa interior yang lebih cerah. Toilet di dalam gerbong juga mengalami modifikasi dengan nuansa yang lebih mewah dan penggunaan toilet duduk.

“Modifikasi ini juga dilakukan tidak hanya pada kursi tapi juga kenyamanan dalam gerbong yang nantinya dapat menunjang aktivitas teman teman pengguna kereta dan memberikan kenyamanan untuk perjalanan jauh” Ujar Fahd A Rafiq, Senin (2/10).

Mengenai tarif, PT KAI menyatakan bahwa meskipun kursi lebih baik, harga tiket kereta ekonomi akan tetap ekonomis. Namun, ia tidak menutup kemungkinan adanya penyesuaian tarif akibat perbaikan layanan yang telah dilakukan.

Saat ini, rencana operasional untuk gerbong modifikasi masih dalam tahap kajian dan evaluasi. Namun, dalam waktu dekat, para penumpang kereta ekonomi dapat menantikan pengalaman yang lebih nyaman dan berbeda. KAI terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua penumpangnya.

Penulis : Ahmad G