Fahd A Rafiq dan Istri Melaksanakan Tawaf Wada

Jutaan jemaah haji dari seluruh dunia memadati Masjidil Haram untuk melaksanakan tawaf wada, penutup rangkaian ibadah haji di tanah suci.

Fahd A Rafiq dan Istri Melaksanakan Tawaf Wada
Fahd A Rafiq dan Istri Melaksanakan Tawaf Wada. Gambar : Dok.Istimewa

Bapera News - Para Jemaah haji dari seluruh dunia telah bergerak ke Masjidil Haram untuk melaksanakan tawaf wada setelah melaksanakan lempar jumrah ula, wustha, dan aqabah di Mina. Tawaf wada adalah mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT. Jemaah haji sudah diberi kesempatan untuk datang ke kota Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. 

Tawaf Wada adalah sebagai penutup rangkaian ibadah haji, tawaf perpisahan ini dilakukan jemaah gelombang pertama, terutama lansia yang akan meninggalkan Mekkah, dan kembali ke tanah air 4 Juli 2023. Saat melaksanakan tawaf wada, jemaah tidak diharuskan memakai ihram selama mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali.


Ketua Umum DPP Bapera, Fahd El Fouz Arafiq menyampaikan, hari ini jutaan Jemaah haji seluruh dunia mulai bergerak dan memadati Masjidil Haram untuk melaksanakan tawaf wada sebagai penutup rangkaian ibadah haji di tanah suci. Karena diketahui tawaf wada adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali, ini adalah rangkaian terakhir di tanah suci sebelum para Jemaah haji asal Indonesia mulai dipulangkan besok 4 Juli 2023.

“Hari ini jutaan jemaah haji seluruh dunia telah mulai bergerak dan memadati Masjidil Haram untuk melaksanakan tawaf wada sebagai penutup rangkaian ibadah haji di tanah suci. Tawaf Wada adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali, tawaf wada dilakukan oleh gelombang utama, terutama lansia yang akan meninggalkan Mekkah, dan kembali ketanah air pada besok hari 4 Juli 2023.” Ujar Fahd A Rafiq Senin, (3/6/23).

Dalam mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali, seluruh jemaah haji terus melantunkan doa, Lingkaran tawaf penuh sesak, bahkan tidak ada celah sedikitpun karena banyaknya orang yang ingin menunaikan tawaf wada. Lantunan doa diucapkan jemaah haji sambil mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada Baitullah (Ka’bah) serta menjadi penutup ibadah haji tahun ini.

“Hari ini saya bersama istri, melakukan tawaf wada untuk menutup rangkaian haji tahun ini di Masjidil Haram, dalam tawaf wada mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali, lantunan doa terus dipanjatkan, ini bentuk penghormatan terakhir kepada Ka’bah sebelum berpisah untuk berpulang ke Tanah Air.” Tutup Fahd A Rafiq.

Penulis : FNID