Menuju Perpres Industri Game Nasional, Fahd A Rafiq: Game Menjadi Faktor Perekonomian Bangsa Naik

Kemenpora dan Kemenparekraf bersatu demi pengembangan industri game nasional.

Menuju Perpres Industri Game Nasional, Fahd A Rafiq: Game Menjadi Faktor Perekonomian Bangsa Naik
Menuju Perpres Industri Game Nasional, Fahd A Rafiq: Game Menjadi Faktor Perekonomian Bangsa Naik. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia telah melakukan pertemuan untuk mendiskusikan finalisasi Peraturan Presiden (Perpres) Industri Game Nasional.

Pertemuan ini melibatkan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) dan Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) guna memberikan masukan terkait Perpres Industri Game Nasional.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan bahwa generasi muda saat ini menjadi para calon pemimpin di masa depan dengan latihan pengembangan saat usia dini.

“Industri permainan ini tidak hanya tentang bermain saja, namun bagaimana cara developing suatu hal yang membuat para generasi muda yang bekerja sama dalam mengembangkan game ini menjadi lebih berpikir kreatif.” Ujar Fahd A Rafiq, Kamis (2/11).

Salah satu fokus dalam pembahasan Perpres adalah bagaimana memungkinkan ekosistem industri game di Indonesia tumbuh dan berkembang, serta menjadi produsen game yang dapat dikenal di pasar internasional.

Pihak terlibat juga membahas pentingnya menggalakkan game lokal di kalangan pemuda untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Diskusi melibatkan sejumlah poin, termasuk kontribusi sekolah menengah kejuruan, lembaga pelatihan vokasi, dan perguruan tinggi dalam mempersiapkan sumber daya manusia untuk industri pengembangan game.

“Pasar dari penjualan ini tidak hanya bagi Indonesia atau asia tenggara namun ini nantinya akan dibuat bagi seluruh dunia, Diharapkan pengembangan ini dapat dilakukan dengan baik dan juga dengan fokus oleh para generasi muda.” Ujar Fahd A Rafiq, Kamis (2/11).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengapresiasi masukan yang telah diberikan oleh Kemenpora dan PBESI. Dia menegaskan bahwa semua masukan tersebut sudah menjadi perhatian dalam penyusunan Perpres Pengembangan Game Nasional. Proses finalisasi Perpres saat ini sedang dalam tahap mendapatkan persetujuan dari menteri terkait.

Pembahasan ini menunjukkan komitmen pemerintah Indonesia untuk mengembangkan industri game nasional dan memungkinkan ekosistem yang mendukung pertumbuhan sektor ini.

Penulis : Ahmad G