Fahd A Rafiq Mendukung Pemerintah Untuk Fokus pada Percepatan Ekosistem 5G di Indonesia

Kemenkominfo berkomitmen pada percepatan ekosistem 5G untuk mendukung Visi Indonesia Digital 2030 & 2045.

Fahd A Rafiq Mendukung Pemerintah Untuk Fokus pada Percepatan Ekosistem 5G di Indonesia
Fahd A Rafiq Mendukung Pemerintah Untuk Fokus pada Percepatan Ekosistem 5G di Indonesia. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah memfokuskan upayanya pada percepatan ekosistem 5G di Indonesia. Dalam rangka kunjungan kerja selama dua hari, Menteri Komunikasi dan Informatika berpartisipasi dalam Industry Summit dengan tema ‘Percepatan Ekosistem 5G untuk Visi Indonesia Digital 2030 & 2045.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan bahwa ekosistem komunikasi di Indonesia harus cepat merata, karena akan meningkatkan kinerja serta industri di Indonesia.

“Komunikasi di Indonesia menjadi salah satu hal yang masih kurang dapat dirasakan di beberapa daerah terpencil, terlebih yaitu pedalaman Indonesia.” Ujar Fahd A Rafiq, Kamis (2/11).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan bertujuan untuk membahas Visi Indonesia Digital (VID) 2030 dan 2045. Dalam acara tersebut, akan ada Consensus Announcement 5G industri telekomunikasi yang merupakan pilar penting dalam upaya mempercepat transformasi digital di Indonesia.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo menjelaskan bahwa kehadiran Solo Techno Park bertujuan untuk menghadirkan real showcase yang dapat mendukung startup, industri TIK, pelaku UMKM, dan lainnya. Selain itu, upaya ini bertujuan untuk mengembangkan jenis aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“5G sudah didapatkan pastinya di kota kota besar di Indonesia, namun pemerataan jaringan 5G ini jika sudah merata maka komunikasi Indonesia berlangsung dengan kondisi sangat baik.” Ujar Fahd A Rafiq, Kamis (2/11).

Mastel, sebagai mitra kerja Kementerian Kominfo, telah lama menjadi tempat berdiskusi dan konsultasi mengenai isu-isu penting terkait dengan ekosistem telekomunikasi nasional. Mastel juga membantu dalam uji coba teknologi baru yang akan diimplementasikan di Indonesia.

Kementerian Kominfo dan Mastel bekerja sama dalam pengembangan talenta digital serta berkoordinasi dengan akademisi dan mahasiswa dalam upaya membangun talenta digital dari level dasar hingga lanjutan. Dengan perkembangan teknologi, diharapkan Mastel tetap adaptif dan menjadi mitra strategis pemerintah yang dapat memberikan masukan dan kritik yang bermanfaat.

Penulis : Ahmad G