Mahfud MD Sebut Pencalonan Gibran Sebagai Cawapres Urusan Internal PDIP

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, diusung Golkar sebagai cawapres Prabowo. Mahfud MD mengomentari hal tersebut. Simak selengkapnya!

Mahfud MD Sebut Pencalonan Gibran Sebagai Cawapres Urusan Internal PDIP
Mahfud MD Sebut Pencalonan Gibran Sebagai Cawapres Urusan Internal PDIP. Gambar : Kolase Editor Bapera News/Tim Humas DPP PDIP/dok. Relawan Aktivis Muda.

BaperaNews  – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, resmi diusung oleh Partai Golkar sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto. Terkait hal ini, Mahfud MD, cawapres dari Ganjar Pranowo, menegaskan bahwa keputusan tersebut merupakan urusan internal PDIP. "Kalau itu nanti tanyakan internal PDIP," ujar Mahfud MD, Sabtu (21/10/2023) usai acara Workshop Nasional Bimtek DPRD PPP se-Indonesia di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Pasca pengumuman tersebut, kabar mengenai Gibran yang akan maju sebagai cawapres mendapatkan sorotan luas. Penguatan kabar tersebut berasal dari pengumuman resmi yang dilakukan Partai Golkar. Sikap resmi Partai Golkar diumumkan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Palmerah, Jakarta Barat, pada hari yang sama. Dalam kesempatan tersebut, Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar, menegaskan keputusan partai setelah rapat intensif.

Baca Juga: Deklarasi Dukungan Gibran Rakabuming: Relawan Hadiri Tugu Proklamasi

"Dalam Rapimnas yang turut dihadiri Prabowo itu, pihaknya telah membahas secara seksama dan mengedepankan kepentingan lebih besar dalam menentukan sosok cawapres," jelas Airlangga. Menambahkan, "Kami rapat cukup lama, hangat, tapi semuanya konsensus mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk dipasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bakal calon wakil presiden RI."

Sebagai putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka memang menjadi sorotan publik dalam peta politik nasional. Belum diketahui pasti mengenai status keanggotaannya di PDIP, namun dengan pengusungan dari Golkar dan dukungan untuk Prabowo, skenario politik 2024 semakin menarik untuk disimak.

Sementara itu, Mahfud MD menekankan pentingnya menghormati ranah partai masing-masing. Dalam kesempatan berbicara di depan media, dia menegaskan, "Kita enggak mungkin partai satu dengan partai lain saling mencampuri satu sama lain," saat berbicara bersama dengan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Mardiono.

Baca Juga: Sah! Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024