Penghargaan Adiwiyata 2023, Fahd A Rafiq: Sekolah Harus Berperan Aktif dalam Konservasi Lingkungan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menganugerahi 551 sekolah dengan Penghargaan Adiwiyata tahun 2023.

Penghargaan Adiwiyata 2023, Fahd A Rafiq: Sekolah Harus Berperan Aktif dalam Konservasi Lingkungan
Penghargaan Adiwiyata 2023, Fahd A Rafiq: Sekolah Harus Berperan Aktif dalam Konservasi Lingkungan. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata tahun 2023 dalam sebuah acara di Jakarta. Menteri LHK secara langsung menyerahkan penghargaan Adiwiyata Mandiri kepada 134 sekolah dan Adiwiyata Nasional kepada 417 sekolah.

Penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah-sekolah yang telah berhasil menerapkan praktik-praktik baik dan perilaku ramah lingkungan hidup di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Mereka juga menjalankan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS).

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, menyampaikan penghargaan ini akan berdampak pada peningkatan kualitas di sekolah terlebih pada sisi lingkungan.

“Sekolah sebagai salah satu tempat untuk membangun masa depan bangsa dengan adanya penghargaan Adiwiyata ini berdampak pada peningkatan kualitas lingkungan sekolah serta sekitarnya, hal ini membuat sekolah dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan pemukiman yang sehat,” ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (21/10).

Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) juga berkontribusi pada penghematan energi, pengurangan dan pemilahan sampah di sekolah, yang diharapkan akan menyebar ke rumah dan keluarga masing-masing. Kontribusi lainnya melibatkan penanaman pohon, pengelolaan limbah di sekolah, dan pemanenan air hujan sebagai bagian dari konservasi air.

Presiden RI juga menambahkan bahwa telah memberikan arahan untuk melakukan rehabilitasi hutan dan lahan sebagai upaya mengurangi dampak bencana alam dan juga perubahan iklim.

“Penghargaan Adiwiyata merupakan salah satu penghargaan yang dapat membuat sekolah sekolah menjadi dapat berkontribusi bagi kesehatan lingkungan sekitar sekolahnya juga, karena sekolah sebagai tempat membangun masa depan harus berperan aktif untuk konservasi lingkungan,” ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (21/10).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM KLHK, melaporkan bahwa jumlah sekolah yang menerima penghargaan telah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Sekolah Adiwiyata Nasional naik sekitar 36,7%, sementara Sekolah Adiwiyata Mandiri mengalami peningkatan sekitar 42,5%.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, diselenggarakan talkshow dengan tema "Peranan Para Pihak dalam Mendukung Pengembangan GPBLHS" pada tanggal 16 Oktober. Selain itu, pada tanggal 16 dan 17 Oktober 2023, pameran dihadiri oleh sekolah-sekolah dan mitra, serta coaching clinic untuk mendukung perilaku ramah lingkungan dan bazaar Dharma Wanita BP2SDM.

Penulis: Ahmad G