Serba Serbi Kasus Kepala Bea Cukai DIY, Jabatan Dicopot Hingga Jumlah Harta

Eko Darmanto resmi dicopot jabatannya sebagai Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta usai suka pamer gaya hidup mewah. Jumlah harta kekayaan Eko Darmanto juga menjadi sorotan publik.

Serba Serbi Kasus Kepala Bea Cukai DIY, Jabatan Dicopot Hingga Jumlah Harta
Serba Serbi Kasus Kepala Bea Cukai DIY. Gambar : bcyogyakarta.beacukai.go.id

BaperaNews - Eko Darmanto dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta akibat aksinya yang dinilai suka pamer gaya hidup mewah. Eko Darmanto sering pamer motor mewahnya hingga ketika ia bepergian di akun Instagramnya. Akunnya sendiri saat ini sudah dinonaktifkan karena kasus Kepala Bea Cukai DIY. 

Meski akunnya sudah hilang, sudah banyak tangkapan layar, menunjukkan Eko Darmanto naik motor gede, mobil antik, hingga naik pesawat Cessna. Akibatnya, Eko Darmanto resmi dicopot jabatannya sebagai Kepala Bea Cukai DIY pada 2 Maret 2023, hal ini dilakukan untuk pemeriksaan akibat ia suka pamer di media sosial.

“Hal ini berdasarkan perintah pimpinan, untuk memudahkan pemeriksaan pada Eko dan menindaklanjuti kasus Kepala Bea Cukai DIY. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan dari jabatannya sebagai Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta per 2 Maret 2023” tutur Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan Nirmala Dwi pada Jumat (3/3).

Dirjen Bea Cukai Direktorat Kepatuhan Internal dan Sekretariat Dirjen Bea Cukai telah melakukan pemeriksaan awal pada Eko Darmanto, pemeriksaan lanjutan akan dilaksanakan oleh Ditjen Kementerian Keuangan.

“Kami sampaikan terima kasih pada masyarakat yang ikut serta menjaga Bea Cukai menjadi lebih baik” pungkas Nirmala Dwi.

Baca Juga : KPK Usut Transaksi Tak Wajar Hakim Agung Gazalba Saleh

Jumlah Harta Kekayaan Kepala Bea Cukai DIY, Eko Darmanto

Komisi Perlindungan Korupsi merasa heran pada jumlah harta kekayaan Eko Darmanto, sebab ada jarak yang besar antara jumlah harta dan utang yang ia miliki.

Deputi Monitoring dan Pencegahan KPK Pahala Nainggolan menyebut pendapatan Eko Darmanto Rp 500 juta per tahun, Eko Darmanto juga punya beberapa mobil antic, namun utang Eko Darmanto segunung, mencapai Rp 4 Miliar lebih.

“Hutangnya Rp 4 Miliar lebih, lihat aja penghasilannya setahun cuma Rp 500 juta. Itu utang dibayar 10 tahun aja Rp 400 juta setahun, nah terus makan apa, itu anehnya, tapi ini belum kita selidiki” ucap Pahala Nainggolan pada Kamis (2/3).

KPK pun menjadwalkan pemeriksaan pada Eko Darmanto terhadap kasus Kepala Bea Cukai DIY, akan ditelusuri sumber kekayaannya termasuk deretan mobil antiknya.

“Cuma dua rumah tapi mobil tuanya bagus-bagus, ada Bronco dan Fargo juga. Jadi hartanya cuma rumah sama mobil tua itu yang jarang banget ada di Indonesia” pungkas Pahala Nainggolan.

Sedangkan berdasarkan data di LHKPN, jumlah harta kekayaan Eko Darmanto per 15 Februari 2022 ialah Rp 6,72 Milyar dengan rincian 2 aset tanah dan bangunan di Malang dan Jakarta Utara dan 9 alat transportasi.

Baca Juga : Daftar Harta Kekayaan Rafael Alun Ditjen Pajak