Ketahui Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Akhir-akhir ini total kasus gagal ginjal akut misterius pada anak melambung tinggi hingga angka kematian turut naik drastis. Berikut gejala gagal ginjal akut yang perlu diketahui!

Ketahui Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak
Gejala gagal ginjal akut pada anak. Gambar : unsplash.com/Dok. Robina Weermeijer

BaperaNews - Belakangan ini, total kasus gagal ginjal akut pada anak naik drastis hingga menyebabkan angka kematian yang tinggi mencapai 48 persen dari total kasus. Untuk itu, sangatlah penting untuk mengetahui gejala gagal ginjal akut

Diketahui, ginjal merupakan organ vital pada tubuh manusia sebagai pusat metabolisme tubuh. Bilamana kerusakan terjadi pada ginjal tentu akan berpengaruh pada organ tubuh lain dan hal ini cukup mengkhawatirkan.

Angka 48 persen kematian dari total kasus didapat per Selasa (18/10), 99 orang dari total 206 pasien gagal ginjal akut misterius meninggal dunia. Gejala awal yang perlu diwaspadai yakni masasalah pencernaan, orang tua perlu waspada bila anak mengalami nyeri perut, mual, muntah, diare.

Baca Juga : Berikut Daftar 15 Obat Sirup Ditarik BPOM Usai Terkandung Etilen Glikol

Simak Daftar Gejala Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak yang Perlu Diwaspadai:

  1. Volume Urin berkurang dan bahkan tidak keluar urin sama sekali.
  2. Demam.
  3. Diare.
  4. Batuk.
  5. Mual-Muntah.

Orang tua perlu waspada bila anak mengalami kondisi buang air kecil yang sedikit, Idealnya, anak buang air kecil sebanyak 5-6 kali dalam sehari atau sekitar 3-4 jam sekali.

Penanganan medis perlu dilakukan bila anak mengalami masalah buang air kecil yang terus menurun dan sedikit, terlebih jika anak mengalami gejala lain yang telah disebutkan. Gagal ginjal akut misterius ini menyerang anak usia 0-18 tahun yang tidak mengalami kelainan ginjal sebelumnya atau penyakit ginjal kronik.

Tak perlu khawatir soal biaya, karena BPJS Kesehatan membiayai pasien anak yang terkena gangguan gagal ginjal akut misterius. Program BPJS kesehatan ini meliputi kasus gangguan gagal ginjal akut misterius mulai dari gejala hingga kategori berat.

BPJS Kesehatan akan mengcover biaya perawatan pasien gangguan gagal ginjal akut misterius mulai dari pengecekan awal gejala, cuci darah rutin, hingga transplantasi ginjal.

Perawatan kasus gagal ginjal akut misterius akan diberikan dengan syarat utama pasien anak merupakan peserta BPJS Kesehatan. Selanjutnya, saat pengajuan klaim kepada BPJS Kesehatan harus sesuai dengan prosedur.

Baca Juga : Biaya Perawatan Pasien Gagal Ginjal Akut Akan Ditanggung BPJS Kesehatan